Senin 10 Aug 2020 05:24 WIB

PPSU Tebet Timur Percantik Terowongan Stasiun Cawang

Desain mural terdiri logo Jaya Raya, Jakarta Selatan, dan dua ondel-ondel.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Mural di terowongan Stasiun Cawang, Kelurahan Tebet Timur, Jakarta Selatan.
Foto: Dok
Mural di terowongan Stasiun Cawang, Kelurahan Tebet Timur, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Menyambut peringatan hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, Kelurahan Tebet Timur, Jakarta Selatan membuat mural di terowongan Stasiun Cawang. Pembuatan mural juga bertujuan untuk mengantisipasi adanya vandalisme di daerah tersebut.

"Sebelumnya banyak sekali coretan-coretan liar. Daripada kita harus tindak lanjut aduan warga, kita percantik duluan," ujar Lurah Tebet Timur, Siti Fauziah Ghozali melalui telepon selulernya, Ahad (9/8).

Fauziah menerangkan, terowongan Stasiun Cawang dipilih menjadi spot pembuatan mural karena tempat tersebut menjadi lokasi yang intens dilewati warga pengguna transportasi publik, termasuk pengendara. "Ibaratnya spot itu fashionable, pas di tikungan jadi orang bisa lihat muralnya," tutur Fauziah.

Untuk sementara ini, Fauziah menyatakan, belum menemukan spot lain di Kelurahan Tebet Timur yang bisa digunakan untuk pembuatan mural.

Desain mural yang dibuat di terowongan Stasiun Cawang terdiri logo Jaya Raya, Jakarta Selatan, dan dua ondel-ondel. Selain itu, di dalam kolong jembatan juga dibuat mural tiga dimensi berbentuk persegi empat yang tampak timbul dari jauh.

Fauziah menjelaskan, petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) Kelurahan Tebet Timur yang bertugas mengerjakan mural-mural tersebut. "Mereka yang membuat desainnya, idenya dari saya," katanya melanjutkan.

Pembuatan mural sudah dimulai sejak Senin (3/8). Fauziah selalu memantau proses pembuatan mural tersebut. Dia memprediksi, seluruh mural tersebut dapat rampung dalam waktu sekitar dua pekan. "Prediksi kelar sebelum 17 Agustus 2020," kata Fauziah.

Selain dengan membuat mural, Fauziah meminta RW 01 hingga RW 10 di Kelurahan Tebet Timur, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan untuk menghiasi lingkungannya sendiri agar tampak meriah. Pasalnya pada hari kemerdekaan nanti tidak boleh ada kegiatan apa pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement