Jumat 07 Aug 2020 11:00 WIB

Pemkab, DPRD dan Kapolres Bogor Bahas Kampung Arab

Tindakan untuk Kampung Arab sudah direncanakan dan masih akan dibahas dengan Bupati.

Rep: Rahayu Marini Hakim/ Red: Bilal Ramadhan
Plang nama toko yang menggunakan bahasa Arab di daerah yang disebut Kampung Arab, di Desa Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor.
Foto: Rahayu Marini
Plang nama toko yang menggunakan bahasa Arab di daerah yang disebut Kampung Arab, di Desa Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG — Permasalahan Kampung arab dan imigran menjadi hal serius yang segera ingin ditanganin Pemerintah Kabupaten Bogor. Hingga kini Jumat (7/8) pemerintah tampaknya sedang mempersiapkan langkah terbaik.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan akan ada rapat internal untuk menentukan langkah selanjutnya. Ia menjelaskan usai hadir dalam acara penyaluran bansos tahap II, bahwa pemerintah daerah akan mengambil langkah yang proaktif untuk melindungi masyarakat.

“Tadi kita juga bicarakan di dalam (ruang tunggu bansos) ada Bupati dan Polres Bogor. Kita tentunya akan rapat internal dulu dan akan mengambil langkah-langkah yang proaktif untuk melindungi masyarakat khususnya,” kata Rudy, Jumat (7/8).

Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy yang ditemui secara terpisah menjelaskan  rencana sudah ada yang nantinya akan dibahas bersama Bupati. “Nanti dibahas ya, untuk rencana itu sudah ada nanti dibahas bersama ibu (Bupati) jadi penjelasan enggak dari saya aja,” kata Roland.

Sebelumnya Camat Cisarua, Deni Humaedi juga memaparkan hingga kini kecamatan kesulitan untuk melakukan pendataan dan pengawasan terhadap imigran di kawasan Kampung Arab. Hal tersebut karena imigran sering berpindah tempat tanpa melapor bahkan pada RT atau RW setempat.

“Mereka tidak menetap. Kadang ngontrak di sini, bulan depan di situ, berikutnya pindah lagi ke tempat lain jadi sulit untuk kita ngedatanya. Untuk data tahun lalu kita ada 616 imigran yang tersebar di 7 desa,” ujarnya.

Sehingga ia menyebut perlunya tindakan bersama untuk mengatasi permasalahan tersebut. Deni juga menyambut baik terkait kabar pemindahan penampungan yang sempat disebut Bupati Ade Munawaroh Yasin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement