Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Tas Bantuan Presiden Dijadikan Bendera untuk HUT RI

Selasa 04 Aug 2020 14:55 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Esthi Maharani

Tas sembako Bantuan Presiden (Banpres) oleh warga Bedahan, Kota Depok dijadikan bendera panjang untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke 75.

Tas sembako Bantuan Presiden (Banpres) oleh warga Bedahan, Kota Depok dijadikan bendera panjang untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke 75.

Foto: Dok Dinas Kominfo Kota Depok
Warga membuat bendera ratusan meter menggunakan tas sembako Bantuan Presiden.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus mendatang, masyarakat mulai mempercantik lingkungan dengan membuat atribut yang unik. Salah satunya dilakukan warga Kelurahan Bedahan yang membuat bendera sepanjang ratusan meter menggunakan tas sembako Bantuan Presiden (Banpres).

Ketua RT 03/01 Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Sukarianto mengatakan, sudah sejak lama, ingin mempunyai bendera panjang dan punya ide menggunakan tas Banpres yang memiliki corak merah putih.

"Ternyata mendapat dukungan warga yang mendapatkan bantuan sembako tersebut. Lalu, kami kumpulkan tas Banpres dari warga. Terkumpul ribuan tas Banpres," ujar Sukarianto, Selasa (4/8).

Dia menambahkan, warga dengan sukarela mengumpulkan tas Banpres. Bahkan dari wilayah lain juga ikut serta menyumbang tas Banpres.

"Untuk proses pembuatan bendera, kami dibantu oleh beberapa tetangga dalam proses pembongkaran tas. Kemudian, juga membantu menjahit tas menjadi bendera berukuran panjang. Saat ini sudah terpasang sepanjang 300 meter, nanti kalau sudah jadi kira-kira akan sepanjang 500 meter," jelas Sukaryanto.

Sukaryanto mengaku sempat ragu membuat bendera tersebut. Namun, akhirnya diyakinkan oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama. "Saya juga sempat ragu karena ada beberapa tulisan dalam tas tersebut, sedangkan ada ketentuan yang mengatur tentang rupa bendera. Tetapi setelah berdiskusi dengan beberapa tokoh masyarakat dan tokoh agama, saya melanjutkan ide kreatifitas saya agar tas Banpres tidak mubazir," terangnya.

Lurah Bedahan, Hasan menambahkan, pihaknya mengapresiasi warganya yang berkreasi dan berinovasi dalam memeriahkan kemerdekaan tahun ini. Terlebih, yang dilakukan merupakan kreativitas yang unik.

"Kami selaku aparatur pemerintahan sangat berterima kasih dan mendukung upaya warga dalam berkreasi dengan inovasi yang unik menyambut hari kemerdekaan di tahun ini secara mandiri," katanya.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA