Selasa 23 Jun 2020 01:21 WIB

Puluhan Dokter Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Para dokter dan petugas memastikan kesehatan gigi, hidung, mata, dan bobot tubuh.

Hewan Kurban
Foto: Dok PPPA Daarul Quran
Hewan Kurban

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTAG  -- Pemerintah Kota Tangerang menerjunkan puluhan dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di berbagai tempat peternak di daerah itu menjelang Idul Adha 1441 Hijriah, pada 31 Juli 2020.

"Sudah satu bulan ini hingga sebulan ke depan, DKP turunkan puluhan dokter hewan dan petugas lapangan untuk mengecek kesehatan dan kelayakan hewan yang akan disembelih pada Idul Adha nanti," ungkap Kabid Pertanian DKP Kota Tangerang Ibnu Ariefyanto di Tangerang Senin (22/6).

Ia menuturkan dalam pengecekan itu, para dokter dan petugas memastikan kesehatan gigi, hidung, mata, dan bobot tubuh yang wajar terhadap hewan kurban.

"Tak hanya itu, kami juga menyuntikkan vaksin dan vitamin sehingga saat penyembelihan, hewan-hewan dalam kondisi sehat dan daging layak konsumsi," katanya.

Sekitar dua minggu menjelang Idul Adha mendatang, DKP setempat akan turun ke lapak-lapak penjualan hewan kurban guna memastikan sapi dan kambing dari luar daerah setempat yang masuk Kota Tangerang dalam keadaan sehat dan dagingnya layak konsumsi.

"Tak hanya kandang peternak, lapak penjual nantinya juga akan diberikan logo aman oleh DKP. Sebagai tanda, peternakan dan kandang tersebut aman dan sudah di bawah pengawasan DKP," kata Ibnu.

Para peternak mengaku enam bulan sebelum Idul Adha, pemeliharaan hewan lebih intens, baik asupan maupun fokus pada peningkatan bobot tubuh.

"Saya selalu berkoordinasi dengan DKP setiap minggunya. Alhamdulillah pemerintah selalu membantu, kemarin sempet ada yang tanda-tanda sakit, petugas DKP langsung datang dan mengobati hewan kami," kata Yusuf, salah seorang peternak.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement