Jumat 12 Jun 2020 16:38 WIB

Pembangunan Jalur Sepeda di Kota Serang Diundur

Pembangunan jalur sepeda jadi solusi permasalahan PKL di badan jalan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah anggota Polisi Pamong Praja membongkar kios liar di Jalan Diponegoro, Kota Serang, Banten
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Sejumlah anggota Polisi Pamong Praja membongkar kios liar di Jalan Diponegoro, Kota Serang, Banten

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Serang terkait pembangunan jalur khusus sepeda di sembilan ruas jalan pada 2020 diputuskan diundur hingga 2021. Pengunduran ini dilakukan karena anggaran program ini digeser untuk penanganan pandemi Covid-19 di Ibu Kota Banten tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Serang Maman Luthfi membenarkan pengunduran salah satu program unggulan Dishub ini. Rencananya jalur sepeda dibangun di sembilan ruas jalan yakni, Jalan Ki Mas Jong–SDL, Jalan Brigjen K.H. Sam’un–SMA Mardiyuana, Jalan Veteran, Jalan Jenderal Ahmad Yani–SMAN 1, Jalan Abdul Latif–SDN Rau, jalan K.H. Sochari, Jalan Ciwaru-SD Pancamarga, Jalan Abdul Hadi, dan Jalan Yusuf Martadilaga–SDN 20 Kota Serang.

"Memang jalur sepeda rencana pembangunannya, untuk rambu jalannya, jalurnya tahun ini, cuma masalahnya semua anggaran kaitan 2020 kan digeser untuk penanganan Covid-19. Tahun depan akan kita usahakan lagi, kita jadikan program prioritas dinas untuk masyarakat," kata Maman , Jumat (12/6).

Menurutnya, jalur sepeda seharusnya sudah dimulai pembangunannya pada tri wulan pertama 2020. Namun, karena adanya pandemi program ini harus direlakan untuk diundur hingga tahun depan.

Maman mengatakan program ini sebelumnya digadang-gadang bisa menjadi solusi untuk permasalahan menertibkan PKL (pedagang kaki lima) yang banyak berjualan di badan jalan. Masalah parkir liar, khusunya di pusat kota juga disebut ya bisa diselesaikan jika jalur ini sudah dibangun dan diterapkan.

Kendati demikian, Maman meyakinkan program ini akan direalisasikan di tahun depan dan menjadi prioritas. "Mudah-mudahan bisa terealisasi dan kita mulai pembangunannya tahun depan, semoga Covid-19 ini juga cepat berlalu," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement