Senin 25 May 2020 14:03 WIB

Warga Depok Diimbau Tetap di Rumah saat Lebaran

Banyak warga kota yang ke luar rumah mengujungi sanak-saudaranya.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Agus Yulianto
Wali Kota Depok Mohammad Idris
Foto: dok.Istimewa
Wali Kota Depok Mohammad Idris

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pada hari pertama perayaan lebaran Idul Fitri 1441 H, banyak warga kota yang ke luar rumah mengujungi sanak-saudara. Beberapa jalan di Kota Depok pun terlihat macet akibat aktivitas warga tersebu.

Dari pantauan Republika kemacetan ruas jakan terjadi seperti di Jalan Swanagan dan Jalan Tole Iskandar. Sedangkan jalan utama, Jalan Margonda dan Jalan Juanda terlihat lengang.

Untuk itu, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah selama pandemi virus Corona  (Covid-19). Hal tersebut dimaksudkan agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

"Selama pandemi ini belum berakhir sebaiknya masyarakat tidak melakukan kontak fisik saat lebaran. Hendaknya kita semua berada di dalam rumah," kata Idris dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (25/5).

Menurut Idris, perayaan lebaran dalam kondisi pandemi Covid-19 tidak harus saling mengunjungi bersilahturrahmi. "Saat sekarang bisa bersilahturrahmi dilakukan secara virtual atau online supaya nilai-nilai kebersamaan tetap berjalan. Seperti melalui WhatsApp, video call, SMS, telepon, hingga aplikasi zoom," tuturnya.

Dia menambahkan, di kondisi saat ini sangat berbahaya apabila ada kerumunan dan kontak fisik dan mengimbau agar masyarakat tetap patuh pada peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. "Mari sama-sama kita putus mata rantai penyebaran virus Corona," ucap Idris. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement