Jumat 03 Apr 2020 17:05 WIB

Masjid Nurrurohman Santuni Warga Terdampak Corona

Masjid Nurrurrohman meresponnya dengan cara membagikan 100 paket sembako.

Pemberian sembako oleh Syahruddin El fikri
Foto: akbar
Pemberian sembako oleh Syahruddin El fikri

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Banyak cara untuk meringankan beban warga tak mampu yang terkena dampak dari pandemi Corona. Masjid Nurrurrohman yang berada di Kavling Pelita Air Service, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, meresponnya dengan cara membagikan 100 paket sembako.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurrurrohman, Syahruddin El-Fikri, mengatakan paket sembako ini diberikan untuk meringankan beban ekonomi yang sekarang semakin sulit.

“Sasarannya adalah kaum dhuafa, tukang, driver ojek online, hingga asisten rumah tangga. Semuanya adalah warga yang berada di dalam lingkup lima RT yang ada di dalam wilayah RW 15,” katanya kepada Republika.co.id di Depok.

Kegiatan berbagi ini dilakukan di areal Masjid Nurrurohman, Jumat (3/4). Said Saleh, ketua panitia pemberian sembako, menjelaskan dana dari kegiatan ini bersumber dari donasi warga.

“Pemberian sembako ini menjadi ikhtiar warga Kavling Pelita untuk saling peduli dan perhatian pada sesama warganya, terutama kepada warga yang sangat terdampak dari pandemi ini,” ujarnya.

Said mengatakan dalam setiap paket itu berisi beras seberat lima kilogram, gula pasir (0,5 kg), minyak goreng (1 liter), serta mie instan kemasan (7 bungkus). Nilai total paket tersebut, kata dia, seharga Rp 100 ribu.

Untuk mekanisme pemberian, Said mengatakan, pihaknya melakukan model substitusi. Khusus untuk kelompok dhuafa, kata dia, pihaknya memberikan secara gratis. Sedangkan untuk tukang, driver ojek online, serta asisten rumah tangga, cukup membayar Rp 50 ribu.

“Ini baru ikhtiar awal kami. Insya allah, ke depan masjid akan menjadi sentral untuk menggalang bantuan ekonomi warga. Kita akan berupaya memaksimalkannya dari dana infaq dan sedekah warga,” katanya.

Sementara itu untuk menyambut Ramadhan, Syahruddin mengatakan, pihaknya sudah memiliki sejumlah agenda untuk memakmurkannya. Dengan tagline program bernama Gebyar Ramadhan, pihaknya sudah menyiapkan 20 program kegiatan.

“Termasuk di dalamnya santunan buat warga kurang mampu yang ada di sekeliling komplek. Ini sudah menjadi kegiatan tahunan. Insya allah tahun ini akan terus dilanjutkan,” ujarnya.

    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement