Sabtu 06 Aug 2022 02:46 WIB

BPBD Pandeglang: Gempa di Sumur tidak Timbulkan Kerusakan

Gempa magnitudo 5,1 di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten, terjadi pada Jumat sore.

Ilustrasi. BPBD Kabupaten Pandeglang, Banten, menyebutkan, gempa magnitudo 5,1 pada Jumat pukul 16.23 WIB yang berpusat di Kecamatan Sumur tidak menimbulkan kerusakan fisik.
Foto: Reuters
Ilustrasi. BPBD Kabupaten Pandeglang, Banten, menyebutkan, gempa magnitudo 5,1 pada Jumat pukul 16.23 WIB yang berpusat di Kecamatan Sumur tidak menimbulkan kerusakan fisik.

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, Banten, menyebutkan, gempa magnitudo 5,1 pada Jumat pukul 16.23 WIB yang berpusat di Kecamatan Sumur tidak menimbulkan kerusakan fisik. Pusat gempa berada di kedalaman 140 km dengan titik koordinat gempa di Sumur, Pandeglang, Banten, yaitu pada 7.76 Lintang Selatan (LS) dan 104.95 Bujur Timur (BT).

"Kami sampai malam ini belum menerima laporan adanya kerusakan infrastruktur maupun korban jiwa atau luka-luka di Kecamatan Sumur sebagai pusat gempa tektonik itu," kata Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kabupaten Pandeglang Lilis saat dihubungi di Pandeglang, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga

Gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami, namun masyarakat pesisir selatan Pandeglang diminta waspada jika terjadi gempa susulan. Selama ini, kata dia, wilayah pesisir Pandeglang juga rawan gempa tektonik.

Lilis mengatakan, saat ini, masyarakat pesisir pantai Sumur kondisinya seperti biasa dan tidak berdampak adanya gempa tersebut. Kegiatan masyarakat di malam hari relatif normal dan nelayan tengah melaut.Bahkan, masyarakat Kecamatan Sumur sudah biasa merasakan gempa bumi itu. 

 

Sebab, kata dia, guncangan gempa itu berlangsung hanya beberapa detik sehingga tidak mengakibatkan kerusakan infrastruktur dan korban jiwa maupun luka-luka. "Kami minta warga tidak panik gempa tektonik berkekuatan 5,1 itu, karena relatif aman dan tidak menimbulkan kerusakan," kata Lilis.

Sementara itu, Dasih (55 tahun), warga Desa Kertamukti Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang mengaku dirinya bersama keluarga melaksanakan kegiatan seperti biasa dan tidak terdampak gempa tersebut, terlebih jarak rumahnya dengan pantai hanya beberapa meter. Ia juga menyebut bahwa masyarakat pesisir di daerah itu tidak panik dan sudah biasa menghadapi gempa tektonik.

"Kami meyakini dampak gempa magnitudo 5,1 masih aman dibandingkan gempa 6,6 yang terjadi awal tahun 2022 hingga kondisi rumah kami rusak berat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement