Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Pertamina Antisipasi Lonjakan BBK Jelang MotoGP Lombok

Senin 26 Oct 2020 23:57 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

MotoGP akan digelar di Lombok Tengah, NTB pada 2021

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- PT Pertamina (Persero) mulai menyalurkan produk bahan bakar khusus (BBK) jenis pertamax turbo untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan masyarakat menjelang MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 2021.

Penyaluran perdana BBK jenis pertamax turbo ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tersebut ditandai dengan pelepasan satu unit truk tangki pengangkut oleh Terminal Manager Ampenan, PT Pertamina (Persero), I Gusti Ngurah Yamatika, bersama Sales Area Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Wilayah NTB, Mahfud Nadyo, di Mataram, Senin.

"Penyediaan produk pertamax turbo sebagai salah satu misi menyambut event MotoGP, sehingga masyarakat bisa merasakan bahan bakar minyak terbaik dari Pertamina," kata Terminal Manager Ampenan, PT Pertamina (Persero), I Gusti Ngurah Yamatika.

Ia memperkirakan, permintaan pertamax turbo berpotensi meningkat menjelang event MotoGP karena para penggemar otomotif dari berbagai daerah kemungkinan berduyun-duyun datang ke Pulau Lombok, baik dari Pulau Bali, dan Pulau Jawa.

"Bisa jadi nanti komunitas motor melakukan tur dari Pulau Bali dan Jawa datang ke Pulau Lombok untuk menonton. Makanya, kami menganggap penting untuk menyediakan pertamax turbo sesuai kebutuhan mereka," ujarnya.

Saat ini, kata Ngurah, permintaan pertamax turbo di Pulau Lombok, rata-rata tiga kilo liter per hari atau bisa mencapai 80 kilo liter per bulan. Namun, penjualannya masih terbatas di beberapa SPBU saja.

Meskipun demikian, lanjut dia, upaya untuk menyediakan dalam jumlah relatif banyak sudah dilakukan. Bahkan, dalam satu kali kedatangan kapal membawa sebanyak 500 kilo liter. Jumlah tersebut bisa untuk memenuhi kebutuhan hingga setengah tahun.

Pihaknya juga sudah menyediakan tangki penyimpanan khusus pertamax turbo sehingga truk tangki pengangkut tidak perlu lagi menempuh perjalanan jauh ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Sanggaran Bali.

"Sekarang, kami sudah menyediakan tangki khusus, sehingga kapal yang datang langsung membawa ke Lombok. Jadi tidak perlu lagi mengirim truck tangki ke Sanggaran Bali," ujarnya.

Ia juga memperkirakan minat masyarakat Pulau Lombok menggunakan BBK jenis pertamax turbo akan semakin berkembang. Hal itu disebabkan karena bahan bakar beroktan tinggi (RON 98) dapat meningkatkan performa kendaraan dan tergolong ramah lingkungan.

"Pertamax turbo bisa digunakan untuk semua jenis kendaraan roda empat dan roda dua. Baik yang CC-nya besar maupun kecil, tidak masalah," kata Ngurah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA