Sabtu 12 Feb 2011 17:59 WIB

Bea Cukai Batam Kejar Kapal yang Dibawa Kabur Massa

REPUBLIKA.CO.ID,BATAM--Aparat Bea Cukai Batam berupaya mengejar kapal sitaan KM Muara Jaya dan Surya Indah yang dibawa kabur massa, Sabtu. "Kami tentu akan berupaya untuk menangkap lagi," kata Kepala Seksi Penindakan Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe B Batam Nugroho di Batam, Sabtu.

Ia mengatakan, BC Batam akan berkoordinasi dengan kantor pusat Bea Cukai mengenai pengungkapan kasus dua kapal yang diduga menyelundupkan minuman beralkohol tersebut. Menurut dia, BC belum akan melakukan patroli khusus untuk mencari kapal yang dirampas massa. "Masih patroli biasa-biasa saja," kata dia.

BC Batam, kata dia, juga akan mengevaluasi penindakan yang berujung penyerbuan kapal patroli oleh massa. Mengenai pengamanan kantor pos BC dan kapal-kapal patroli yang lain pascapenyerbuan, ia mengatakan akan mengkoordinasikan dengan BC pusat. Sebelumnya, massa merebut paksa kapal sitaan aparat Bea Cukai Batam KM Muara Jaya dan KM Surya Indah yang diduga memuat minuman beralkohol dari Terminal Kargo Batu Ampar dan Perairan Tanjung Sengkuang.

Kepala Bidang KPP Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe B Batam Suryana mengatakan, sekitar 500 orang menyerbu Kapal Patroli milik BC untuk membebaskan KM Muara Jaya yang ditahan Bea Cukai. Massa datang menumpang tiga truk dan puluhan sepeda motor sambil membawa bom molotov, senjata api, parang serta batu.

"Mereka menyerang kami dengan menggunakan banyak senjata, ada bom molotov, parang dan batu," kata dia. Kapal patroli Bea Cukai dan dua kapal cepat milik BC lainnya tidak bisa menghindar dan mempertahankan kapal sitaan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement