Sabtu 15 Jan 2011 07:51 WIB

Pos Perbatasan TNI di Papua Diserang, Dua Tewas Satu Tertangkap

Rep: ikh/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pos Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgaspamtas) TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) 132 Komando Pelaksana Operasi Korem (Kolakopsrem) 174/XVII atau disebut Pos Nasem yang berada di wilayah Kabupaten Merauke, Papua diserang oleh sekelompok orang tidak dikenal, Jumat (14/1). Penyerangan berawal ketika anggota Pos Nasem yang sedang melaksanakan kegiatan pembersihan (korve) dan persiapan patroli jam 05.45 WIT diserang tiga orang dengan berbagai senjata.

Mengetahui adanya penyerangan, anggota Pos Nasem mengadakan perlawanan untuk mengamankan pos dan melakukan pengejaran. Seperti dilaporkan Pusat Penerangan Mabes TNI, akibat serangan tersebut salah satu anggota Pos Nasem, Pratu Sukirman, mengalami luka panah pada bahu dan pinggang, sedangkan anggota kelompok yang tidak dikenal tersebut dua orang mati tertembak dan satu orang tertangkap.

Senjata yang sempat dibawa kabur oleh kelompok tersebut dapat diamankan kembali. Terhadap anggota pos yang terluka, telah dilakukan pertolongan pertama lapangan, kemudian dievakuasi ke instalasi kesehatan militer di RSUD Merauke. Untuk anggota kelompok penyerang yang meninggal dunia di sekitar TKP, telah diadakan perawatan dengan melaksanakan koordinasi kepada Ketua RT dan kepala desa serta tokoh adat setempat.

Di samping itu juga telah dilaksanakan penyelidikan secara terbatas terhadap anggota kelompok penyerang yang tertangkap untuk selanjutnya diserahkan ke Polres setempat. Dari hasil penyelidikan sementara, diketahui bahwa dua orang kelompok penyerang yang mati tertembak bernama Amandius Basik-basik dan Klemans basik-basik, sedangkan yang tertangkap bernama William Basik-basik.

Komandan Korem 174/ATW Kolonel Arh Hadi Prasojo beserta Kepala Staf yang mendapatkan laporan tentang kejadian ini langsung menuju Pos Nasem untuk mengecek langsung kejadian yang sebenarnya. Belum diketahui motif penyerangan sekelompok warga yang mengunakan panah di Pos Satgaspamtas TNI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement