Jumat 19 Nov 2010 22:43 WIB

Hampir Seratus Ribu Orang Melamar CPNS di Sumsel

Rep: Maspril Aries/ Red: Budi Raharjo
Ilustrasi
Foto: Antara
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Minat lulusan peguruan tinggi di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tinggi. Pendaftar CPNS di daerah ini yang akan diterima di 13 pemerintah kabupaten dan kota serta kantor Pemerintah Provinsi Sumsel hampir mencapai 100.000 orang.

Zainudin Nawawi Kepala Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan (PPJK) Universitas Sriwiwiajay, Jum’at (19/11) mengatakan, “Sampai kemarin pendaftar atau pelamar CPNS di Sumatera Selatan sudah mencapai 95.816 orang. Jumlah itu akan bertambah karena hari ini pukul 24.00 adalah waktu terakhir masa pendaftaran.”

Menurut Zainudin, para pendaftar CPNS di Sumsel mengajukan lamarannya secara online ke PPJK Unsri. PPJK Unsri selain menerima pendaftaran juga akan melaksanakan tes tertulis bagi pendaftar CPNS yang berasal dari 13 pemerintah kabupaten dan kota ditambah pendaftar CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel.

Berdasarkan database PPJK,  jumlah pelamar di setiap kabupaten dan kota mencapai ribuan orang, pendaftar terbanyak ada di Kabupaten Banyuasin mencapai 12.504 pelamar CPNS, kemudian di Kabupaten Muara Enim sebanyak 10.466 orang pelamar. Di Pemerintah Provinsi Sumsel sendiri jumlah pelamar mencapai 6.418 orang. “Jumlah pendaftara itu sampai hari ini puykul 24.00 WIB nanti tentu akan berubah,” ujar Zainudin.

Menurut data di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabuapten Banyuasin, persaingan antara pendaftar CPNS di daerah itu, satu formasi CPNS akan diperbutkan antara 40 – 50 orang pelamar. Pada tahun 2010 Pemerintah Kabupaten Banyuasin hanya menerima untuk 360 formasi CPNS.

Dari jumlah pelamar yang masuk ke BKD Banyuasin sampai Kamis (18/11) berjumlah 4.370 pelamar, para pelamar tersebut mendaftar untuk formasi CPNS teknis sebanya 759 orang, formsi guru 623 orang dan tenaga kesehatan sebanyak 113 orang.

Selain pendaftaran via online, pendaftar CPNS melalui pos juga masih terlihat ramai di kantor pos besar PT Pos Indonesia di Jl. Merdeka. Ratusan pelamar memenuhi ruangan kantor pos dan antri di depan loket.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement