Kamis 26 Aug 2010 04:48 WIB

Belasan Warga di Maluku Tewas Digigit Anjing Gila

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON--Sedikitnya 19 orang meninggal dunia karena gigitan anjing gila pada sejumlah desa di Larat, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

"Jumlah dokter di Kota Saumlaki, Ibu Kota Kabupaten MTB tidak lebih dari sepuluh orang, apalagi untuk Puskesmas atau Pustu di daerah kecamatan dan pedesaan sangat minim sehingga penanganan penderita yang tertular virus rabies lambat," kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular Dinkes Kabupaten MTB, dr. Theo Resiloy, yang dikonfirmasi dari Ambon, Rabu (25/8).

Kondisi ini diperparah dengan masih minimnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan penyakit berbahaya seperti rabies, ditambah sikap menyayangi anjing peliharaan yang berlebihan sehingga mereka tidak rela dimusnahkan.

Menurut Theo, Dinkes MTB telah melakukan koordinasi dengan Camat Tanimbar Utara untuk proaktif memberikan sosialisasi kepada warga, sekaligus memberikan cara pencegahan pertama kepada korban gigitan anjing gila, dengan mencuci luka pakai sabun berulang kali.

Sejak didatangkannya vaksin oleh pemerintah dalam jumlah memadai, status Kejadian Luar Biasa (KLB) rabies di Tanimbar Utara tidak lagi diberlakukan, karena 99 persen dari 375 korban gigitan anjing gila sudah bisa diatasi.

Sementara anggota DPRD Maluku asal Daerah Pemilihan (Dapil) MTB dan Maluku Barat Daya (MBD), Melky Syairdekot, mendorong Dinkes bersama Dinas Pertanian Provinsi harus melakukan koordinasi secara kontinyu dengan Pemerintah Pusat maupun Dinkes MTB untuk menangani wabah rabies hingga tuntas.

"Wabah rabies di Kecamatan Tanimbar Utara harus ditangani serius sehingga tidak ada lagi korban yang berjatuhan karena alasan kekurangan vaksin," katanya.

Menyangkut minimnya tenaga dokter dan medis di Kabupaten MTB, Melky mengatakan, persoalan ini bisa dimaklumi karena kondisi seperti ini terjadi pada 11 Kabupaten dan Kota di Provinsi Maluku.

"Rata-rata kita di Maluku dengan kondisi kepulauan yang terpencil merupakan kendala tersendiri, tapi di Pemkab MTB sudah menerapkan program pengiriman anak daerah berprestasi untuk mengikuti pendidikan kedokteran di luar daerah," katanya

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement