Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Indra, Fadli, dan Anas, Komunikator Terbaik Pilpres

Jumat 17 Jul 2009 00:43 WIB

Red:

JAKARTA  --  Tiga orang dari tiga tim sukses yang berlawanan, Indra J Piliang, Fadli Zon, dan Anas Urbaningrum menjadi komunikator terbaik dalam Pilpres 2009. Strategy Public Relations memberikan penghargaan kepada ketiganya dalam acara Anugerah Media dan Komunikator Terbaik Pilpres 2009, di Jakarta, Kamis (16/7).

Sementara dalam kategori pengamat, komunikator terbaik adalah peneliti dari Lembaga Survei Indonesia (LSI), Burhanuddin Muhtadi. Sementara dalam kategori otoritas pemilu, komunikator terbaik adalah anggota KPU, Andi Nurpati Baharudin.

Indra J Piliang, yang sebelumnya lebih dikenal sebagai pengamat politik dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), menjadi komunikator terbaik di tim sukses JK-Wiranto, mengalahkan Yuddy Chrisnandi, Poempida Hidayatullah, Fahmi Idris, dan Ali Mochtar Ngabalin.

Sementara itu, Fadli Zon yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, menjadi komunikator terbaik di tim sukses Megawati-Prabowo, mengalahkan Hasto Kristianto, Maruarar Sirait, Pramono Anung, dan Ganjar Pranowo.

Sementara, Anas Urbaningrum yang kini menjabat sebagai Ketua DPP Partai Demokrat, menjadi komunikator terbaik di tim sukses SBY-Boediono mengalahkan Hatta Rajasa, Andi Mallarangeng, Bara Hasibuan, dan Rizal Mallarangeng.

Sementara itu, peraih penghargaan media teraktif dalam Pilpres 2009 adalah Rakyat Merdeka (kategori media cetak), Detikcom (kategori situs berita), TV One (kategori televisi), dan Elshinta (kategori radio).

Berita yang dianalisis Strategy PR adalah pada masa kampanye terbuka, yakni terbitan tanggal 1 Juni-5 Juli 2009 sebanyak 2.782 item pemberitaan.

Media-media yang dianalisis adalah delapan media cetak, yaitu Kompas, Koran Tempo, Republika, Media Indonesia, Seputar Indonesia, Rakyat Merdeka, Jurnal Nasional, dan Suara Pembaruan, dua situs berita online yaitu Antara dan Detikcom, dan dua televisi yaitu TV One dan Metro TV.   nan/ahi

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA