Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Umat Hindu Rayakan Melasti

Senin 23 Mar 2009 23:05 WIB

Red:

DENPASAR -- Merayakan prosesi Melasti atau penyucian diri menyambut Hari Raya Nyepi, hari ini ribuan umat Hindu di Bali "menyerbu" pantai-pantai terdekat.

Ketua Satgas Pantai Kuta, I Gusti Ngurah Tresna, Senin, mengatakan, setiap tahunnya Pantai Kuta didatangi ribuan umat Hindu untuk mengadakan upacara Melasti.

"Sejak pagi hingga sore nanti Pantai Kuta dipastikan penuh dengan umat Hindu yang Melasti. Ini sudah menjadi tradisi," kata Ngurah Tresna.

Beberapa pantai yang diserbu para umat yakni di timur Pulau Bali seperti Pantai Sanur, Pantai Sindhu di Denpasar, Pantai Purnama, Pantai Rangkan, Pantai Gumicik di Gianyar dan barat Pulau Bali seperti Pantai Kuta, Pantai Legian, serta Pantai Seminyak di Badung.

Melasti adalah rentetan upacara yang diadakan sebelum Hari Raya Nyepi. Melasti bertujuan menyucikan diri sendiri dan alam semesta sehingga umat dapat dengan khyusuk menjalankan empat brata penyepian pada Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Kamis (26/3). Upacara Melasti biasanya diadakan di pantai terdekat.

Upacara Melasti yang diadakan di Pantai Kuta diikuti ribuan umat Hindu yang berasal dari sekitar kawasan Pantai Kuta hingga Kota Denpasar. Sebagian besar melakukan upacara Melasti sejak dini hari.

Namun untuk desa adat Kuta sendiri Melasti baru diadakan pada sore hari sekitar pukul tiga sore. Di Desa Adat Kuta terdapat sedikitnya 13 banjar dengan 17 Pura.

"Desa Adat Kuta melakukan Melasti pada sore hari bergantian dengan desa adat lain," kata Tresna.

Upacara Melasti yang melibatkan ribuan orang menyebabkan lalu lintas di sekitar Kuta macet. Parkir Kuta pun dipenuhi oleh truk-truk yang mengangkut umat yang hendak bersembahyang.

Upacara Melasti yang diadakan di Kabupaten Gianyar melibatkan ribuan umat Hindu dari beberapa desa yang berada di sekitar Pantai Selatan Gianyar.

Akibatnya jalan raya By Pass Ida Bagus Mantra mengalami kemacetan yang cukup panjang. Pasalnya para umat berjalan menuju pantai dengan memotong jalan raya By Pass Ida Bagus Mantra.

Waktu untuk upacara Melasti diadakan berbeda-beda tergantung kebijakan desa adat masing-masing desa. Namun sebagian besar upacara Melasti diadakan pada pagi hari sekitar pukul enam pagi.

Dengan melakukan persembahyangan bersama di tepi pantai maka para umat berharap mendapatkan kesucian dan ketenangan sebelum melakukan empat brata penyepian. -ant/ahi

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA