Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Pemda Jaktim Bersihkan BKT

Kamis 14 Oct 2010 01:52 WIB

Rep: Ditto Pappilanda/ Red: Budi Raharjo

REPUBLIKA.CO.ID,Jakarta--Sebanyak 600 personil gabungan Sudin Kebersihan, Sudin PU Air, Pemadam Kebakaran, dan Pol PP diterjunkan Pemda Jakarta Timur untuk membersihkan saluran air Banjir Kanal Timur dari tumpukan sampah, Rabu (13/10). Pembersihan dilakukan di tiga titik yang dilalui jalur BKT, dimulai dari Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara sampai Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jaktim.

Aksi bersih-bersih BKT oleh Pemda Jaktim ini, menurut Walikota Jaktim Murdhani, bermaksud memberikan contoh bagi masyarakat yang tinggal di sepanjang BKT. ''Sampah-sampah yang masuk ke BKT sebagian besar berasal dari rumah warga,'' terang Walikota.

Untuk mengangkut sampah di jalur BKT, petugas diturunkan ke kanal menggunakan perahu karet untuk membersihkan sampah yang ada di sepanjang aliran BKT. Walikota meminta setiap pimpinan wilayah memberikan sanksi kepada warga yang tidak peduli dengan kebersihan di lingkungannya. Sanksi tersebut diberikan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 1988 tentang kebersihan lingkungan di DKI Jakarta. Jalur BKT menerima lima aliran kali yaitu Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Baru, Kali Jati Kramat dan Kali Buaran.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA