Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Kalifornia, Menghijau di Negara Matahari

Rabu 13 Oct 2010 08:26 WIB

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,Sejak tahun 2006, Gubernur Kalifornia Arnold Schwarzenegger mengkampanyekan pemanfaatan sumber energi matahari. Hingga tahun 2020, sepertiga dari kebutuhan energi Kalifornia akan menggunakan sumber energi terbarukan.
 
Di kota San Diego, Kalifornia,  telah berdiri perusahaan-perusahaan yang bergerark di bidang pengelolaan energi matahari. Energi atom, tentu saja tak akan lagi berperan di negara bagian matahari itu.

Euforia Energi Terbarukan
Pemerintah Kalifornia berkomitmen bahwa hingga tahun 2020, sepertiga pasokan energi di negara bagian itu akan diperoleh dari sumber energi terbarukan, meski  tanpa adanya kesepakatan iklim mengikat internasional, yang hingga kini tak kunjung tercapai,. Kini  muncullah euforia tentang itu, ujar  Robert Noble, dari Pusat Energi  Terbarukan Kalifornia:

„Di San Diego terjadi gerakan masif cinta lingkungan. Yang paling menonjol adalah penggunaan sumber-sumber tenaga matahari, seperti alat meteran listrik yang pintar,  yang saat ini sudah diterapkan di rumah-rumah tinggal. Di mana-mana  sudah banyak dijumpai mobil-mobil listrik dan mobil-mobil hibrid. Dalam hal ini kota San Diego sudah berada di depan dan kemajuan itu sangatlah menggembirakan. Orang dapat melihat bentuk energi terbarukan dan mobil-mobil yang ramah lingkungan. Dimana-mana banyak didiskusikan tentang energiterbarukan  dan teknologi ramah lingkungan, yang menjadi bagian dari perasaan hidup di perkotaan. Sungguh hal ini menggembirakan.“

Kucuran Anggaran Bagi Program Lingkungan
Sejak tahun 2006 pemerintah  Kalifornia menyediakan anggaran sebesar tiga milyar dollar AS untuk memajukan energi terbarukan. Dana itu dipakai untuk mensubsidi rumah-rumah tinggal pribadi yang memanfaatkan sel surya sebagai sumber energinya dan penggunaan energi secara efisien, bahkan listrik tenaga atom, dapat digantikan, kata Mark Bernstein,  profesor untuk bidang tenaga politik  dari universitas Kalifornia Selatan dari Los Angeles:

„Saya percaya bahwa kita dapat menggantikan pembangkit listrik tenaga atom dengan sumber energi yang bersih. Ada banyak bentuk dan terdapat banyak pilihan menghemat energi yang dapat diperbaharui dan pembatasan energi. Banyak orang mengatakan bahwa hal ini tidak mungkin tetapi saya yakin kita dapat menerapkan ongkos  yang efektif di Kalifornia.“

Energi Gabungan Sebelum Cita Terealisir
Sejauh ini dua puluh persen  pasokan listrik masih diperoleh dari dua pembangkit listrik atom  di kota sinar matahari tersebut. Sebagian kebutuhan listrik didapat dari  negara bagian lain yang masih dibangkitkan di pembangkit listrik tenaga batu bara. Tetapi para pakar di Kalifornia sepakat bahwa di waktu mendatang hanya akan mengandalkan energi terbarukan.

Sejak Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyediakan anggaran untuk rangkaian sistem listrik yang pintar , hanya tinggal menunggu waktu  saja untuk beralih dari energi fosil ke pembangkit listrik ramah lingkungan. Komisaris Energi Nancy Ryan menyarankan usul  pemanfaatan sumber  energi gabungan hingga masa itu tercapai.

“Salah satu kemungkinan untuk energi terbarukan adalah mematikan pembangkit listrik tenaga atom. Kota-kota dan negara-negara bagian harus menentukan keputusan sendiri, sistem mana yang diutamakan. Untuk  mengurangi  emisi karbondioksida akibat penggunaan energi yang diperoleh dari bahan bakar fosil. Kebanyakan mungkin dapat digantikan  dengan energi terbarukan.“

Berada di Depan dengan Energi Terbarukan

Dengan mengembangkan energi terbarukan, Kalifornia ingin berada di depan dan menunjukkan pada dunia bahwa negara bagian dengan ekonomi intensif  seperti Kalifornia, dapat melakukan perubahan pada energi yang ramah lingkungan.

„Saya sering  mendengar pidato  dari Gubernur Arnold Schwarzenegger dan melihat di pertemuan-pertemuan betapa antusiasnya ia akan energi yang bersih, kekhawatirannya mengenai perubahan iklim  dan kepercayaannya Kalifornia akan memimpin di bidang sumber energi terbarukan. Semua ini merupakan komitmennya yang kuat. Dia telah memperkenalkan idenya di pemerintahannya dan ia sangat aktif.  Ia pejuang aksi perlindungan iklim sejati.“

Menanti Kiprah  Pengganti Schwazegger

Pada tanggal 2 November mendatang akan dilakukan pemilihan gubernur baru di Kalifornia. Masa jabatan Arnold Schwarzenegger akan segera berakhir. Apakah calon penggantinya juga memprioritaskan perlindungan lingkungan dan energi terbarukan dan mendukungnya sebagai bagian program pemerintahan, masih belumlah jelas.

Meskipun tenaga matahari dan angin masih merupakan satu-satunya sektor industri yang dapat menyediakan lapangan pekerjaan, bidang energi terbarukan tidak dapat diabaikan oleh sektor perekonomian, mengingat angka pengangguran di Kalifornia saat ini masih berkisar 12 persen.

sumber : dw-world
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA