Jumat 06 Aug 2010 05:51 WIB

DPD akan Bangun Pusat Kajian Alam

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-–Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menegaskan komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan. Ketua DPD, Irman Gusman, mengatakan sebagai bentuk dukungan parlemen terhadap lingkungan, DPD segera membangun pusat kajian tentang sumber daya alam.

‘’Sebagai lembaga perwakilan daerah, DPD berkomitmen mencegah eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam serta mengantisipasi perubahan iklim dan kerusakan lingkungan di daerah,’’ tutur Irman, dalam acara Indonesia Green Awards 2010 di gedung Smesco, Jaksel, Kamis (5/8). Komitmen itu kemudian diwujudkan dengan membangun sebuah pusat kajian tentang sumber daya alam.

Pusat kajian itu akan bekerja mendata dan memonitor sumber daya alam lewat kerja sama dengan pemerintah daerah. Badan lain yang turut bekerja sama dengan pusat kajian DPD itu adalah Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional), tenaga ahli dari berbagai ilmu di bidang kehutanan, lingkungan hidup, serta geologi dan pertambangan.

Indonesia Green Awards 2010 diikuti 54 perusahaan, pemerintah daerah, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Peserta acara ini terbagi dalam 11 kategori, yakni green CSR, green mining, green manufacture, green agribussiness, green real estate, green hotel, green banking, green media, green province, green city, dan green NGO.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement