Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Perkuat Fungsi Pengawasan, Bea Cukai Tingkatkan Koordinasi

Kamis 05 Aug 2021 17:39 WIB

Red: Hiru Muhammad

Dalam upaya memperkuat fungsi pengawasan, Bea Cukai Pontianak dan Bea Cukai Tanjung Perak tingkatkan sinergi dan koordinasi dengan instansi lain di tiap wilayah.

Dalam upaya memperkuat fungsi pengawasan, Bea Cukai Pontianak dan Bea Cukai Tanjung Perak tingkatkan sinergi dan koordinasi dengan instansi lain di tiap wilayah.

Foto: istimewa
Dalam menjalankan tugasnya bea cukai membutuhkan sinergi dengan lembaga lain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-–Dalam upaya memperkuat fungsi pengawasan, Bea Cukai Pontianak dan Bea Cukai Tanjung Perak tingkatkan sinergi dan koordinasi dengan instansi lain di tiap wilayah.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas sebagai community protector, Bea Cukai akan bersinggungan secara langsung maupun tidak langsung dengan instansi lain. Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas tersebut dibutuhkan sinergi dan koordinasi yang berkesinambungan.

“Dalam pengawasan, kami menyadari bahwa kami tidak bisa bekerja sendiri, sinergi sangat dibutuhkan. Kolaborasi diharapkan mampu mempermudah kerja sama dan membangun komunikasi yang efektif dalam melaksanakan tugas pengawasan,” kata Sudiro.

Bea Cukai Pontianak yang diwakili oleh Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan menjadi narasumber dalam kegiatan inhouse training penguatan internal pengawasan dan penindakan terhadap lalu lintas barang ekspor dan impor di Kalimantan Barat yang diadakan oleh Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Pontianak.

Sudiro menambahkan, kegiatan inhouse training tersebut dilaksanakan di ruang rapat BKP Kelas I Pontianak yang dihadiri oleh beberapa pejabat dan pegawai dari Karantina Pertanian. Pada kesempatan ini dijelaskan terkait tata cara teknik, strategi, dan identifikasi pengawasan penindakan terhadap arus barang ekspor dan impor dalam daerah pengawasan Bea Cukai Pontianak.

“Selain untuk memberikan edukasi, kegiatan inhouse training ini juga dimaksudkan untuk memperkuat sinergi antara Bea Cukai dengan Karantina Pertanian dalam pengawasan kegiatan ekspor dan impor di lapangan. Kami sangat mengapresiasi Karantina Pertanian yang telah menginisiasi kolaborasi ini,” ujar Sudiro.

Di sisi lain, Bea Cukai Tanjung Perak menyambut hangat kunjungan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum beserta jajarannya di Kantor Bea Cukai Tanjung Perak pada Senin (02/08). Kunjungan dalam rangka koordinasi sekaligus perpisahan dilakukan  AKBP Ganis Setyaningrum seiring dengan berakhir masa jabatannya sebagai Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

Pada kesempatan tersebut, AKBP Ganis Setyaningrum mengucapkan terima kasih kepada Bea Cukai Tanjung Perak yang telah banyak membantu dan bersinergi bersama dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Sementara itu, Bea Cukai Tanjung Perak juga menyampaikan banyak terima kasih atas silaturahmi dan kerja sama yang baik selama ini.

“Diharapkan sinergi dan koordinasi antara Bea Cukai Tanjung Perak dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak dapat terus berlanjut kedepannya dalam menciptakan pengawasan yang optimal,” kata Sudiro.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler