Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Bea Cukai Bongkar Penyelundupan 101.800 Ekor Bayi Lobster

Selasa 07 May 2019 17:25 WIB

Red: Gita Amanda

Bea Cukai Tembilahan menggagalkan penyelundupan bayi lobster.

Bea Cukai Tembilahan menggagalkan penyelundupan bayi lobster.

Foto: Bea Cukai
Bayi lobster yang berhasil diselamatkan diperkirakan bernilai Rp 15 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMBILAHAN -- Bea Cukai Tembilahan berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 101.800 ekor bayi lobster pada Jumat (3/5) di Jalan Lintas Sumatra, Rengat Barat, Indragiri Hulu, Riau. Bayi lobster tersebut berhasil diamankan di dalam 16 kotak styrofoam berisi 509 bungkus plastik. Diperkirakan nilai tegahan tersebut mencapai Rp 15 miliar.

Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan Anton Martin mengungkapkan, barang bukti ditemukan di lokasi yang diduga sebagai tempat serah terima barang bersama dua orang yang bertugas menjaga bayi lobster tersebut. “Barang ditemukan di tempat kejadian perkara pada Jumat (3/5), pukul 02.00 WIB. Saat akan dilakukan pengejaran terhadap kedua orang pelaku, keduanya berhasil kabur,” ungkap Anton dalam siaran persnya.

Baca Juga

Kronologi kejadian bermula dari informasi masyarakat pada Kamis (2/5) yang diperoleh Bea Cukai Tembilahan bahwa akan ada pengiriman benih lobster menuju Kampar yang akan dikirim ke Singapura. Tim lalu melakukan pendalaman dan pemantauan di Jalan Lintas Timur Sumatra.

Setelah ditemukan, petugas segera melakukan pemeriksaan di sekitar lokasi hingga ditemukan 16 kotak styrofoam berisi bungkusan plastik diduga bayi lobster. Barang bukti segera diamankan ke Pos Reaksi Cepat Rengat untuk pemeriksaan awal.

“Atas pemeriksaan tersebut dilakukan penyegelan terhadap barang bukti tersebut untuk selanjutnya dibawa ke Kantor Bea Cukai Tembilahan. Adapun rencana tindak lanjut dilakukan serah terima barang bukti ke Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Pekanbaru dan selanjutnya bayi lobster akan dilepas di perairan Aceh,” ungkap Anton.

Penindakan ini dilakukan atas dasar pemberlakuan larangan ekspor benih lobster. Ini sebagai upaya pemerintah melindungi keberlanjutan stok keberagaman makhluk hidup di kawasan perairan nasional serta meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui nilai ekspor lobster dewasa yang jauh lebih tinggi.

Selain itu, apabila dilakukan eksploitasi terus-menerus, dikhawatirkan lobster bisa punah dari perairan Indonesia. Benih lobster termasuk dalam jenis hasil laut yang dilarang penangkapannya berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56/PERMEN-KP/2016 tentang larangan penangkapan dan atau pengeluaran lobster (Panulirus), kepiting (Scylla), dan rajungan (Portunus pelagicus).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler