Jumat 24 Aug 2018 10:17 WIB

Juru Penerjemah Temani Delegasi Asian Games Berbelanja

Delegasi Asian Games diajak keliling melihat-lihat produk khas nusantara.

Aneka Souvenir Asian Games 2018.
Foto: Republika/Fitriyanto
Aneka Souvenir Asian Games 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Smesco Indonesia, salah satu official store Asian Games 2018, menerjunkan sejumlah juru penerjemah untuk melayani para atlet dan ofisial yang ingin berbelanja di destinasi wisata belanja tersebut. Mereka bertugas melayani anggota delegasi negara-negara peserta Asian Games 2018 yang datang berbelanja di Gedung Smesco Indonesia.

''Setiap hari dua juru penerjemah bertugas secara bergantian dari pagi hingga menjelang malam hari,'' kata Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) pengelola Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Untuk menjadi juru penerjemah, pihaknya mensyaratkan sejumlah ketentuan di antaranya harus menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris. Selain itu, mereka disyaratkan berpenampilan menarik, bertutur kata baik, berperilaku sopan, serta ramah dalam berkomunikasi.

Trisni Hana (22 tahun), seorang juru penerjemah, mengaku tertantang untuk menjadi juru terjemah dalam ajang besar Asian Games 2018. Ia bersama rekannya, Savira Jasmine (20 tahun), selalu siap menyambut di lobi utama begitu para delegasi turun dari kendaraannya.

Dari pintu lobi utama, keduanya mengantarkan delegasi mendatangi stand-stand produk UKM yang dijajakan di Gedung Smesco Indonesia. ''Setiap ada tamu datang, kami sambut, terus ajak kelilling dan menawarkan produk. Kalau misalnya ada yang nanya soal produk, kami biasanya jadi perantara. Sampai antar mereka ke kasir,'' ujar mahasiswi S1 UI Program Studi Cina itu.

Biasanya para delegasi yang datang terlebih dahulu disambut "welcome drink" berupa air mineral. Setelah itu, mereka diajak keliling melihat-lihat produk khas nusantara mulai dari lantai dasar hingga ke lantai 2 Gedung Smesco Indonesia.

''Ini menyenangkan sekali, karena punya kesempatan berinteraksi dengan orang asing. Jadi bisa terus melatih kemampuan bahasa saya,'' katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement