Kamis 23 Aug 2018 12:18 WIB

Puluhan Motor Sukarelawan Asian Games Kena Razia

Pemilik motor mayoritas adalah sukarelawan Asian Games 2018.

Pengendara sepeda motor melintas di bundaran Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat (3/8).
Foto: Darmawann / Republika
Pengendara sepeda motor melintas di bundaran Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat (3/8).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Dinas Perhubungan Kota Palembang menertibkan puluhan motor sukarelawan Asian Games (AG) 2018. Motor-motor tersebut diparkir sembarangan di atas trotoar Halte Oppo dekat pintu masuk Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis.

''Trotoar bukan tempat parkir,'' kata Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Lalu Lintas Kota Palembang, Marta Edison, seperti dikutip dari Antara, Kamis (23/8).

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang menggunakan dua mobil derek untuk menertibkan motor-motor tersebut. Perlu waktu cukup lama untuk memindahkannya karena jumlah kendaraan yang melanggar aturan tersebut sangat banyak.

Petugas sebenarnya sudah memasang spanduk yang mengingatkan bahwa area trotoar harus steril dari parkir kendaraan. Namun, banyak pengendara yang tidak mengindahkannya. Pemilik motor yang tahu ada razia, terlihat cepat-cepat memindahkan kendaraanya sebelum diangkut petugas.

Marta mengatakan Dinas Perhubungan juga sudah mendapat instruksi dari pimpinan Polda Sumsel dan Kodam II Sriwijaya untuk membantu melakukan penertiban terhadap pelanggar aturan lalu lintas. ''Ini rutin dilakukan, bukan karena ada Asian Games,'' katanya.

Menurut Marta, pemilik motor tersebut mayoritas adalah sukarelawan AG 2018 dan ada juga anggota. Namun, ia tidak merinci apakah anggota itu dari Dinas Perhubungan atau dari TNI dan Polri yang bertugas menjaga keamanan AG 2018.

"Kita minta anggota dan panitia (AG) agar parkir di tempat yang disediakan,'' katanya. ''Motor yang ditindak ini dipindahkan ke Media Center Utama di Sriwijaya Promotion Center.''

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement