Sabtu 07 Jul 2018 17:49 WIB

Cerita Jokowi tak Bisa Beli Alat Memanah Saat Kecil

Jokowi tidak bisa membeli alat panah orang tuanya tidak memungkinkan membelinya.

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Ratna Puspita
Presiden Jokowi bertemu dengan ratusan atlet panahan di Istana Kepresidenan, Bogor, Sabtu (7/7).
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Presiden Jokowi bertemu dengan ratusan atlet panahan di Istana Kepresidenan, Bogor, Sabtu (7/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini kerap melakukan berbagai olahraga. Selain tinju, Jokowi pun belajar memanah. Kegiatan ini sering dia lakukan ketika berakhir pekan di Istana Kepresidenan.

Ternyata, terdapat cerita pilu di balik keinginan Jokowi belajar memanah. Saat kecil dan bertempat tinggal di Solo, Jokowi sering melihat lapangan Manahan Solo yang kerap digunakan para atlet untuk berlatih. 

"Ya dulu rumah saya di Solo dekat yang namanya lapangan Manahan, itu memang tempat untuk memanah,” ujar Jokowi saat berbincang dengan Raditya Saputra, altet memanah dari Solo, di Istana Kepresidenan, Sabtu (7/7). 

Jokowi menceritakan setiap hari ketika masih kecil, ia kerap melewati Lapangan Manahan. “Kalau sekolah tuh lihat orang manah, tetapi saya enggak bisa beli yang namanya alat panahan itu karena, ya, karena orang tua tidak memungkinkan membelikan saya (alat memanah),”ujar dia.

Jokowi yang semasa kecil lalu lalang melintasi lapangan Manahan hanya bisa menonton para pemanah berlatih hampir setiap hari. Keinginan untuk mencoba memanah pun akhirnya tercapai ketikan Jokowi menjadi seorang presiden Republika Indonesia.

"Setelah jadi presiden saya baru bisa latihan memanah. Patut saya syukuri, Alhamdulillah, bahwa apa yang saya bayangkan waktu kecil saya bisa saya lakukan setelah saya sudah tua," ujarnya.

Sementara itu, Raditya yang berbincang dengan Jokowi mulai berlatih memanah sejak kelas empat sekolah dasar. Hingga saat ini dia mangaku telah empat tahun berlatih menjadi seorang pemanah. Raditya adalah salah satu atlet muda yang akan mengikuti Second Bogor Open Archery Championsip. 

Baca Juga: Jokowi Harap Panahan Raih Banyak Emas pada Asian Games 2018

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement