Selasa 03 Jul 2018 08:53 WIB

Hari Belanja Diskon akan Meriahkan Asian Games

Hari Belanja Diskon ini bakal digelar di mal hingga bandara dan stasiun kereta

Menteri Pariwisata, Arief Yahya.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Belanja Diskon (HBD) Indonesia akan digelar di pusat perbelanjaan seluruh Indonesia selama 8 Agustus hingga 2 September 2018. Perhelatan ini untuk memeriahkan ajang olahraga Asian Games 2018.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan pihaknya bersama Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) akan menyelenggarakan acara Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) untuk mendukung Asian Games 2018 dan Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018.

"Pada HBD, akan diberikan diskon besar-besaran sekaligus untuk menyukseskan Asian Games 2018 dan ViWI 2018. Kita tetapkan Kota Palembang menjadi 'host' HBD Indonesia," jelas Menpar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (3/7).

HBD Indonesia ini akan dibuat besar-besaran seperti pelaksanaan pada 2017 di Jakarta. Lokasi kegiatan meliputi mal/plasa, toko ritel di ruko dan di ruang usaha yang berdiri sendiri, serta lokasi ritel di rest area, bandara, dan stasiun kereta.

Pada HBD ini ada pula penawaran khusus dengan tema angka 73, sesuai peringatan RI Ke-73 pada 2018 di antaranya diskon hingga 73 persen, harga khusus Rp 73 ribu, dan diskon bagi yang berulang tahun ke-73. Dalam kegiatan ini juga akan dilakukan relaunching tax refund, sehingga diharapkan lebih menarik wisman untuk belanja di Indonesia.

Sesuai namanya, HBD Indonesia ini akan diselenggarakan di seluruh Indonesia, bukan hanya Jakarta dan Palembang tempat penyelenggaraan Asian Games 2018. "Rekan kita dari daerah bisa melakukan dan merasakan potongan sama untuk beli barang yang sama. Biar ada rasa keadilan," kata Menpar Arief.

Sementara, Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan, HBD Indonesia ditargetkan menjadi festival belanja, kuliner, musik, dan hiburan ritel terbesar Indonesia. Kegiatan ini akan diikuti lebih 200 perusahaan yang mengelola 500 merek lokal dan internasional di 50 ribu outlet.

Selain para ritel ternama, HBD Indonesia juga melibatkan partisipasi usaha kecil dan menengah (UKM) sebagai bentuk dukungan terhadap UKM. "Kegiatan ini secara kebetulan bertepatan dengan liburan musim panas di luar negeri. Sehingga diharapkan akan ada banyak wisatawan mancanegara yang ikut menikmati Hari Belanja Diskon Indonesia ini," kata Budiharjo.

Ia menjelaskan lagi HBD Indonesia juga digelar sebagai rangkaian acara hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement