Sabtu 03 Mar 2018 13:37 WIB

Pendaftaran Volunteer Asian Games 2018 Diperpanjang

Pendaftaran diperpanjang menjadi 18 Maret 2018

Rep: Fitriyanto/ Red: Hazliansyah
Relawan dengan mengunakan seragam volunteer ASEAN Games 2018 berfoto pada  acara peluncuran portal volunteer ASIAN Games 2018 untuk Games Times dan pengenalan seragam volunteer di Markas INASGOC, Jakarta, Kamis (18/1).
Foto: Republika/Prayogi
Relawan dengan mengunakan seragam volunteer ASEAN Games 2018 berfoto pada acara peluncuran portal volunteer ASIAN Games 2018 untuk Games Times dan pengenalan seragam volunteer di Markas INASGOC, Jakarta, Kamis (18/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Periode pendaftaran untuk menjadi Volunteer Asian Games 2018. Pendaftaran yang rencananya ditutup pada 5 Maret 2018, akan diperpanjang menjadi 18 Maret 2018. Hal ini untuk memberi kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat yang ingin menjadi volunteer.

Koordinator Bidang Sumber Daya Manusia dan Volunteer, INASGOC, Pusparani Hakim, menyatakan, perpanjangan waktu pendaftaran volunteer Asian Games 2018 bertujuan untuk memberi kesempatan lebih luas kepada masyarakat Indonesia. Terutama yang tinggal di daerah-daerah kota kecil di Indonesia.

"Kita belum lama ini melakukan sosialisasi penerimaan volunteer di kampus-kampus di kota Majalengka dan Tasikmalaya Jawa Barat. Antusiasme mereka untuk menjadi Volunteer Asian Games 2018 cukup tinggi. Oleh sebab itu kita memperpanjang waktu pendaftaran volunteer Asian Games 2018," terang Rani sapaan akrab Pusparani, kepada Republika.co.id, Sabtu (3/3).

Selain ke kampus umum, menurut Rani, timnya juga melakukan sosialisasi ke sekolah mode maupun seni. Untuk mendapatkan volunteer crew dan Volunteer talent yang akan membantu untuk acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 nanti.

Rani menambahkan, untuk mendaftar volunteer Asian Games 2018 dibutuhkan surat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

"Untuk mahasiswa yang mau mendaftar dan dia KTP-nya masih daerah dan harus SKCK itu kan butuh waktu. Oleh sebab itu perpanjangan ini juga dalam rangka memberikan kesempatan mengurus segala sesuatu yang dibutuhkan," kata dia.

Rani menampik kalau minat untuk mendaftar volunteer Asian Games 2018 kurang. "Pendaftar hingga kini sesuai yang kita targetkan, pekan lalu pendaftar sudah lebih dari 11 ribu untuk warga Indonesia. Untuk warga Asing ada sekitar 250 yang ingin mendaftar jadi volunteer".

Bahkan ada kelompok yang biasa menghandle volunteer untuk acara olahraga yang berkedudukan di luar negeri ingin mendaftar jadi volunteer.

"Kelompok yang bernama Children of Asia ini berminat jadi volunteer Asian Games 2018. Walau begitu kita tetap sama memperlakukan mereka yakni proses pendaftarannya sama dengan calon lainnya, melalui screening juga," kata dia.

Total kebutuhan volunteer untuk Asian Games 2018 sebanyak 13 ribu orang, 11 ribu akan ditempatkan di Jakarta sisanya di Palembang. Inasgoc sendiri sudah merekrut 1.574 volunteer yang telah melakukan tugasnya saat Test Event Asian Games 2018 lalu.

Alokasi kuota volunteer sebagai asisten protokoler sebanyak 10 persen dan asisten pendamping komite olimpiade negara-negara Asia sebesar 20 persen.

Volunteer itu akan ditempatkan ke dalam 19 departemen di INASGOC seperti departemen medis dan doping, media dan hubungan masyarakat, katering, transportasi, tiket, upacara pembukaan dan penutupan, serta arena pertandingan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement