Jumat 08 Jun 2018 20:57 WIB

Lebaran, Menpora Minta Jajarannya Pakai Atribut Asian Games

Sebagai bagian dari upaya terus mempromosikan Asian Games

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Hazliansyah
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi
Foto: RepublikaTV/HAvid Al Vizki
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memerintahkan semua jajarannya untuk memakai atribut Asian Games 2018 saat Idul Fitri. Hal ini sebagai bagian dari promosi Asian Games yang akan diselenggarakan pada 18 Agustus - 2 September 2018 mendatang.

"Semua jajaran saya perintahkan untuk memakai atribut Asian Games sampai shalat Idul Fitri sekalipun, karena itu bagian dari promosi, dari doa. Saya sampai kasih ilustrasi nanti yang punya jilbab, yang punya mukena itu dikasih logo Asian Games," ujar Imam ketika ditemui di Kantor Wakil Presiden, Jumat (8/6).

Imam mengatakan, saat Idul Fitri nanti dirinya juga akan menggunakan atribut yang berlogo Asian Games. Mulai dari kopiah, baju koko, hingga sarung.

"Saya juga pakai koko Asian Games, kopiah Asian Games, dan sarung Asian Games," kata Imam.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta bantuan para artis, seniman, atlet, penyanyi, dan lain-lain untuk turut mempromosikan gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Bukan tanpa sebab, Jokowi menilai publikasi Asian Games selama ini kurang menggaung di masyarakat sehingga bantuan para influencer melalui media sosial pun dibutuhkan.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menyampaikan, promosi Asian Games 2018 bukan hanya menjadi tanggung jawab Bekraf, melainkan juga kementerian dan lembaga lainnya. Kendati demikian, ia menyebut anggaran menjadi salah satu penghambat masalah promosi.

"Cuma memang ini kemarin ada sedikit kendala mengenai anggaran dan yang tidak turun tepat pada waktunya sehingga kita banyak kehilangan waktu," ujar Triawan di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (5/6).

Triawan berharap, peran selebritas dan /influencer lainnya dapat membantu meningkatkan kesadaran dan juga gairah masyarakat terhadap gelaran Asian Games. Gelaran Asian Games yang berdekatan dengan Piala Dunia 2018 dan juga situasi politik, yakni pendaftaran capres dan cawapres 2019, dinilainya juga berpengaruh terhadap publikasi Asian Games.

"Nanti jangan-jangan orang lebih tertarik membicarakan itu. Bagaimana caranya kita bisa numpang acara Piala Dunia supaya relevan dengan Asian Games. Juga numpang dengan pilpres agar tetap relevan dengan Asian Games," kata Triawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement