Selasa 30 Sep 2014 00:30 WIB

Maria Londa Akhiri Dahaga Emas Indonesia 16 Tahun

Rep: Satria K Yudha/ Red: Erik Purnama Putra
Atlet lompat jauh, Maria Londa (tengah).
Foto: Antara
Atlet lompat jauh, Maria Londa (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, INCHEON -- Setelah bulu tangkis, giliran cabang atletik yang mempersembahkan medali emas untuk kontingen Indonesia melalui atlet nomor lompat jauh. Adalah Maria Londa yang menambah koleksi emas itu setelah menjadi yang terbaik dengan lompatan sejauh 6,55 meter di Incheon Asiad Main Stadium, Senin (29/9).

Maria mengungguli atlet Vietnam, Bui Thi Thu Thao yang meraih perak dengan melakukan lompatan 6,44 meter serta mengalahkan atlet Tiongkok, Jiang Yanfei, sebagai peraih perunggu dengan catatan 6,34 meter.  Itu merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi wanita kelahiran Bali tersebut.

Maklum, ini adalah pertama kalinya Maria Londa ikut serta di ajang Asian Games. Apalagi, keberhasilan Maria ini telah mengakhiri puasa emas atletik di Asian Games. Terakhir, Indonesia berhasil menyabet emas pada Asian Games 1998 melalui atlet Supriyati Sutono di nomor lari 5.000 meter.

Maria Londa saat ini memang menjadi atlet atletik andalan Tanah Air. Di SEA Games 2013, Maria menyumbangkan dua emas lompat jauh dan lompat jangkit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement