Sabtu 18 Aug 2018 00:53 WIB

Milla Puji Peran Beto dan Lilipaly

Beto mencetak gol pada menit ke-13 dan menit ke-46.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Alberto 'Beto' Goncalves
Foto: INASGOC/Hery Sudewo
Alberto 'Beto' Goncalves

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI — Dua gol Alberto ‘Beto’ Goncalves menjadi penentu kemenangan timnas Indonesia U-23 atas Laos U-23 pada laga Grup A sepak bola putra Asian Games 2018, Jumat (17/8). Timnas U-23 menang telak 3-0 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (17/8).

Beto mencetak gol pada menit ke-13 dan menit ke-46. Satu gol lainnya dicatatkan Racky Fajrin pada menit ke-74. Pelatih Luis Milla Aspas mengapresiasi peran Beto bersama Indonesia kali ini. “Sebagai pemain senior, dia terbukti sudah memberikan yang terbaik bagi tim ini,” kata Milla.

Milla mengungkapkan, ia memang sengaja menyimpan peran saat Indonesia kandas 1-2 dari Palestina, Rabu (15/8). Menurut Milla, Beto bukan pemain junior. Ia tak ingin memberikan jam bermain yang tinggi untuk Beto mengingat usianya yang tak lagi muda. Strategi Milla menyimpan Beto di laga melawan Palestina ternyata ampuh memberikan kemenangan bagi Indonesia saat menghadapi Laos. 

Baca juga: Luis Milla: Kemenangan dari Laos Kado HUT Indonesia

Dua gol Beto ke gawang Laos, membuat dirinya sudah mencetak tiga gol sepanjang penyisihan. Saat Indonesia menang 4-0 dari Cina Taipe, Jumat (12/8) Beto juga menyumbangkan satu gol. Tapi saat membawa Indonesia menang dari Laos, Milla menarik peran  Beto keluar lapangan pada menit ke-72 dan menggantinya dengan Ilham Udin Armayn. 

"Dia sudah 37 tahun. Saya harus menjaganya agar tidak cedera,” ujar Milla.

Selain mengapresiasi peran Beto, Milla juga memuji peran Stefano Lilipaly pada laga kontra Laos. Lilipaly memang tak mencetak gol, tapi kehadirannya membuat lini serang Indonesia berbahaya. Satu assist cantik dengan tumit dari Lilipaly berbuah gol kedua yang dicetak Beto. 

Baca juga: Beto Bahagia Bisa Cetak Dua Gol untuk Indonesia

Milla mengaku sempat khawatir dengan kondisi Lilipaly menjelang menit ke-75. Ia bakan sempat meminta Lilipaly menurunkan intensitas berlarinya demi menjaga kondisi tetap prima pada laga berikutnya. Milla tak ingin melihat para penggawa Garuda ada yang mengalami cedera. 

“Stefano ada di level terbaiknya. Tapi saya tadi minta dia berhati-hati, jangan terlalu banyak berlari,” ungkap Milla. Jika Beto dan Lilipaly dalam kondisi yang prima, Milla berjanji akan menurunkan keduanya pada laga kontra Hongkong, Senin (20/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement