Senin 13 Aug 2018 23:16 WIB

Tiket Pembukaan Asian Games Kategori C Habis Terjual

Keseluruhan penjualan tiket pembukaan Asian Games 2018 ada di angka 70 persen.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Warga melintas di samping kontainer tiket Asian Games 2018 yang berdiri di sepanjang trotoar Jalan Pintu Satu GBK, Kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (7/8).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Warga melintas di samping kontainer tiket Asian Games 2018 yang berdiri di sepanjang trotoar Jalan Pintu Satu GBK, Kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (7/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembukaan Asian Games 2018 tinggal menyisakan empat hari lagi. Animo masyarakat untuk menyaksikan peristiwa bersejarah ini sangat tinggi. Untuk tiket Kategori C yang dijual dengan harga 750 ribu rupiah sudah habis terjual. Hal ini diungkapkan Deputi II Inasgoc bidang administrasi pertandingan, Francis Wanandi.

Ketika dihubungi Republika.co.id, Senin (13/8) malam, Francis menyatakan untuk keseluruhan penjualan tiket pembukaan Asian Games 2018 ada di angka 70 persen. "Namun untuk kategori C atau yang berharga 750 ribu sudah habis terjual semua" ujarnya.

Francis optimistis dengan waktu yang masih tersisa ini, seluruh tiket pembukaan Asian Games 2018 akan habis terjual sebelum acara pembukaan nanti. 

"Untuk memenuhi target sold out penjualan tiket Pembukaan Asian Games 2018, selain melalui penjualan online di Kiostix, kami juga membuka tiket booth di pusat perbelanjaan. Selain untuk menjangkau masyarakat lebih luas, juga untuk mempermudah pembelian" ujar Francis.

Saat Republika melakukan pemantauan di website Kiostix, yang tersisa hanya kelas A yang dijual Rp 5 juta dan kategori B yang dijual seharga Rp 1,5 juta.

Meski kapasitas SUGBK mencapai 78 ribu tempat duduk, namun tiket untuk pembukaan Asian Games 2018 yang akan dijual hanya 40 ribu tiket. Menurut Francis, harga tiket tersebut tergolong murah jika dibanding dengan event sejenis. 

"Empat tahun lalu Asian Games 2014 di Incheon, harga tiket pembukaan dijual mulai dengan harga 150 sampai dengan 900 dolar AS. Sedangkan pada pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 harga tiket pembukaan bahkan dimulai dengan harga 2.500 dolar AS," ujarnya. 

Jika membandingkan dengan tiket konser musik dunia yang tampil di Indonesia, harga Rp 750 ribu juga tergolong murah. "Ini akan lebih besar dari konser dunia yang pernah ada di Indonesia. Selain itu ini akan jadi saksi sejarah yang akan sulit terulang dalam waktu dekat," jelasnya. 

Untuk tiket pertandingan cabang olahraga populer, seperti sepak bola, bulu tangkis, basket dan voli, penjualan tiket juga sangat tinggi. Terutama saat Indonesia bertanding.

"Kemarin misalnya di cabang sepak bola, saat tim Indonesia main penjualan mencapai 80 persen. Beberapa cabor populer yang ada tim Indonesia juga pasti ramai" ujar Francis.

Bagi masyarakat yang sudah membeli tiket secara online di Kiostix, penukaran tiketnya akan dilaksanakan pada hari H di loket dekat venue pertandingan. Untuk upacara pembukaan dan penutupan dapat menukarkannya di loket seputar Kompleks Gelora Bung Karno.

"Sejauh ini penukaran tiket dilakukan saat hari H, baik itu tiket pembukaan maupun pertandingan Asian Games 2018. Kalau ada perubahan akan kami informasikan melalui media sosial," ujar Hanna Athiyya, Marketing Communication Kiostix.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement