Sabtu 04 Aug 2018 22:19 WIB

Mulai Senin Lusa, Petugas Inasgoc Bersiap 24 Jam di Bandara

Kontingen yang datang disambut pengalungan kain selendang asal NTT.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Petugas bandara menunjukkan pin dukungan terhadap pelaksanaan pesta olahraga Asian Games 2018 seusai Deklarasi Komitmen Dukungan Penyelenggaraan Asian Games 2018 Komunitas Bandara Soekarno Hatta (KOMBATTA) di kawasan bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (12/7).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Petugas bandara menunjukkan pin dukungan terhadap pelaksanaan pesta olahraga Asian Games 2018 seusai Deklarasi Komitmen Dukungan Penyelenggaraan Asian Games 2018 Komunitas Bandara Soekarno Hatta (KOMBATTA) di kawasan bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (12/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas Inasgoc yang ditempatkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah siap melayani peserta Asian Games 2018. Bahkan mulai Senin (6/8), petugas di bawah Direktur Arrival, Departure and Hospitality Inasgoc, ini sudah bersiap 24 jam yang dibagi dalam tiga shift untuk menyambut dan melayani kontingen Asian Games dari berbagai negara Asia.

Direktur Arrival Departure and Hospitality Inasgoc Indra Gumulya kepada Republika.co.id, Sabtu (4/8) menyatakan, sebanyak 230 personel sudah bersiap, bahkan untuk hari Senin sudah mulai bertugas selama 24 jam.

"Sebanyak 230 petugas itu 35 polisi wanita, masing-masing 35 korps wanita dari tiga Angkatan TNI. Masing-masing 30 personel bintara dari TNI dan Polri. Dari Imigrasi 30 orang dan dari Bea Cukai juga 30 orang. Semua sudah siap menyambut tamu-tamu Asian Games 2018," ujar Indra.

Bahkan, menurut Indra, walau menurut informasi baru pada 7 Agustus kontingen mulai datang, namun pada Jumat (3/8) kemarin sudah datang 30 peserta dari Thailand. "Kami sudah layani, mereka dari cabang angkat besi. Jadi walau kami tidak diberi informasi, kami tetap melayani mereka yang datang duluan."

Menurut Indra, jalur khusus Asian Games 2018 sudah disiapkan baik di Terminal II maupun III. Sebanyak lima atau enam jalur khusus Asian Games sudah siap digunakan. "Namun lihat kondisi juga kalau ramai kami bisa siapkan hingga 10 line khusus Asian Games di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," katanya menjelaskan.

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kontingen yang datang akan disambut dan mendapat pengalungan kain selendang asal Nusa Tengah Timur. "Kami tidak memilih bunga, karena kalungan bunga akan layu dan dibuang. Kami juga ingin promosi kekayaan kerajinan tangan Indonesia."

Acara resmi penyambutan, menurut Indra, baru dilakukan di Wisma Atlet Kemayoran. Rombongan yang datang dari bandara pada 10 Agustus 2018 langsung dibawa ke Wsima Atlet Kemayoran. "Waktu tempuh saat simulasi dari bandara ke Wisma Atlet Kemayoran 30 menit. Setibanya di Wisma Atlet Kemayoran, bendera mereka dikibarkan serta diiringi lagu kebangsaan mereka."

Indra menambahkan, saat ini ada enam ribu peserta yang sudah tercatat. "Peserta akan datang bergelimang, mulai dari tanggal 7 Agustus hingga 17 Agustus 2018, satu hari jelang pembukaan Asian Games 2018," ungkapnya.

Peserta cabang olahraga sepak bola yang akan memulai pertandingan 10 Agustus 2018 akan tiba terlebih dahulu. Menyusul cabang basket yang mulai bermain pada 14 Agustus. Namun bisa jadi cabang olahraga lainnya datang lebih dahulu untuk melakukan penyesuaian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement