Jumat 29 Jun 2018 09:12 WIB

Tiga Bandara Siap Sambut 15 Ribu Atlet Asian Games

Bandara Soekarno Hatta telah dilengkapi sejumlah fasilitas transportasi yang mumpuni.

Rep: Novita Intan/ Red: Israr Itah
Pekerja menggunakan alat berat untuk mengaspal landasan bandara Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (5/4).
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Pekerja menggunakan alat berat untuk mengaspal landasan bandara Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (5/4).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Persiapan menyambut Asian Games 2018 telah dilakukan sejak tahun lalu, salah satunya yang dilakukan PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai Official Supplier Sponsor Asian Games 2018. Hal utama yang disiapkan yakni sarana dan prasarana di tiga bandara, Soekarno Hatta, Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) dan Husein Sastranegara (Bandung). 

Direktur Operasi dan Teknik AP II Djoko Murjatmodjo mengatakan ketiga bandara tersebut akan didatangi sekitar 15 ribu atlet, ofisial, delegasi, supporter, media, dan perangkat lainnya 45 negara peserta Asian Games 2018. 

“Kami all out mempersiapkan segala fasilitas untuk kelancaran kedatangan duta-duta olahraga dari negara Asia. Kesiapan fasilitas ketiga bandara ini sudah 95 persen, infrastruktur sudah selesai semuanya 100 persen,” ujarnya saat konferensi pers Promosi Asian Games 2018, Jumat (29/6).

Ia menjelaskan, Bandara Soekarno Hatta telah dilengkapi sejumlah fasilitas transportasi yang mumpuni seperti kereta api bandara sebagai akses dari dan menuju pusat kota Jakarta dan venue Asian Games. Kemudian skytrain yang memudahkan perpindahan penumpang antarterminal.

“Kami juga menyiapkan ruang untuk mengurusi akreditas atlet, ofisial, dan tim media yang terdiri dari pejabat imigrasi, dan Inasgoc (Panitia Pelaksana Asian Games 2018), supaya memperlancar proses keimigrasian juga,” jelasnya.

Di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, lanjut Djoko, saat ini tengah dikerjakan pengembangan terminal guna meningkatkan kenyamanan dan pelayanan bagi pengguna jasa.

“Kami mengantisipasi kapasitas bandara secara menyeluruh, kalau kapasitas bandara di Palembang sekitar 3,4 juta penumpang, kami menambah garbarata dan parkir stand, sky bridge, fix bridge dan relay out,” jelasnya. 

Sebelas cabang olah raga dipertandingkan di Jakabaring Sports City, antara lain kano, sepak bola wanita, roller sports, skateboards, rowing, sport climbing, sepak takraw, voli pantai, baling, triathlor, tenis dan menembak.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement