Rabu 27 Jun 2018 20:02 WIB

Singapura Dikabarkan Mundur dari Sepak Bola Asian Games

Singapura menilai skuat U-23 belum bisa bersaing

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah
Asosiasi Sepakbola Singapura (FAS).
Foto: kidlander.sg
Asosiasi Sepakbola Singapura (FAS).

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Tim nasional sepak bola Singapura dikabarkan mundur dari gelaran Asian Games 2018. Pelatih timnas Singapura, Fandi Ahmad menyatakan timnya saat ini tak punya kualitas untuk ambil bagian di Asian Games.

"Ini (mundur) adalah keputusan yang tidak dapat kami kendalikan. Dan kami memahami hasil akhir kami (tim U-23) belum bagus," ujar Fandi dikutip dari the Staits Time, Rabu (27/6).

Fandi menilai skuat U-23 Singapura belum mampu bersaing dengan negara lain. Jangankan melawan tim-tim besar dari Korea Selatan, Jepang, Cina, atau negara-negara dari kawasan Asia Tengah. Singapura U-23 juga tak kompetitif dengan tim-tim dari kawasan Asia Tenggara.

"Ini adalah turnamen U-23, dan ini sangat sulit bagi kami. Kami berharap pemain kami bisa punya kesempatan di lain waktu," sambung dia.

Panitia Indonesia Asian Games (Inasgoc) sebetulnya sudah menerima pendaftaran timnas Singapura. Tercatat pada Selasa (26/6), sudah ada 32 negara calon peserta sepak bola Asian Games.

Tetapi, pada Rabu (27/6), Wakil Ketua Umum Inasgoc Gatot Dewa Broto merilis jumlah negara peserta sepak bola yang sudah mendaftar menjadi 31 negara. Meski jumlah tersebut belum final.

Inasgoc, bersama Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) baru akan merilis jumlah peserta pasti sepak bola Asian Games pada 30 Juni mendatang. Adapun pengundian, akan digelar pada 5 Juli di Jakarta. Cabang sepak bola Asian Games akan kick off perdana pada 14 Agustus.

Mundurnya timnas Singapura kali ini menjadi yang pertama sejak negara itu ambil bagian di Asian Games 2002.

Strait Times melanjutkan, belakangan skuat U-23 negara itu memang dalam performa yang buruk. Baru-baru ini, Singapura kandas 0-2 dari Myanmar saat uji coba.

Timnas Singapura juga tak sesuai harapan setelah gagal di gelaran lokal Trofi Hasanah Bolkiah. Di gelaran tersebut, Singapura mampu menang telak 5-1 dari Laos. Tetapi kandas 0-1 dari Kamboja, dan kalah 1-2 dari Timor Leste.

Mundurnya timnas Singapura, tak otomatis membuat negara itu absen di Asian Games. Singapura tetap akan mengirimkan atlet-atlet terbaiknya dari cabang lain di gelaran tersebut. Singapura, tercatat mengikuti 21 cabang olahraga selama Asian Games tersebut.

Singapura akan mengirimkan sebanyak 266 atletnya. Jumlah kontingen terbanyak dalam sejarah Singapura mengikuti gelaran ragam olahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement