Ahad 17 Jun 2018 16:57 WIB

Persiapan Kontingen Indonesia ke Asian Games Capai 50 Persen

Kondisi kesehatan para atlet sudah baik dan tidak ada laporan kendala fisik.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Endro Yuwanto
Chef de Mission (CdM) Indonesia Asian Games 2018 Komjen Pol. Syafruddin  memberikan arahan saat pelepasan tim  cabang olahraga Bridge Asian Games yang akan melakukan uji coba ke Bulgaria, Jakarta, Ahad (17/6).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Chef de Mission (CdM) Indonesia Asian Games 2018 Komjen Pol. Syafruddin memberikan arahan saat pelepasan tim cabang olahraga Bridge Asian Games yang akan melakukan uji coba ke Bulgaria, Jakarta, Ahad (17/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakapolri Komisaris Jenderal Syafruddin mengatakan, kesiapan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 sudah sekitar 50 persen. Saat ini masih ada atlet-atlet yang sedang melakukan uji coba pertandingan di luar negeri.

"Sekarang sebagian atlet ada di berbagai negara termasuk di Eropa dan negara lain. Mereka sedang melakukan uji coba pertandingan," ujar Syafruddin Sekretariat Chef de Mission (CDM) Asian Games, Gedung Mutiara PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Ahad (17/6).

Para atlet yang sudah ada di Indonesia, kata Syafruddin, sebelumnya sudah menyelesaikan uji coba pertandingan di luar negeri. Hingga saat ini, menurutnya, kondisi kesehatan para atlet sudah baik dan tidak ada laporan kendala fisik.

Ketua Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018, itu mengatakan, dalam waktu dekat akan mengumpulkan para atlet dari seluruh cabang olahraga (cabor). Kesempatan itu sekaligus digunakan untuk melakukan uji coba perlengkapan teknis untuk pelaksanaan Asian Games. "Pemasangan alat-alat konferensi juga sudah sekitar 50 persen, maka nanti kami akan saksikan bagaimana persiapan ini secara teknologi."

Syafruddin melanjutkan, nantinya ada 463 event dari 86 cabor yang dipertandingkan di Asian Games 2018. Sekitar 45 negara siap hadir dalam kompetisi olahraga antarnegara Asia ini.

Sementara itu, terkait persiapan sejumlah fasilitas pertandingan untuk Asian Games, Syafruddin, menyatakan, sudah hampir seluruhnya selesai. Panitia mengungkapkan pembangunan venue berikut fasilitasnya akan selesai pada pekan pertama Juli. "Jadi, kami harapkan pada pekan kedua (Juli), di mana genap satu bulan sebelum Asian Games, semua venue sudah bisa diuji coba," jelasnya.

Asian Games akan digelar di Jakarta dan Palembang pada Agustus hingga September 2018 mendatang. Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games untuk kedua kalinya setelah sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Asian Games 1962 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement