Rabu 18 Apr 2018 10:31 WIB

Tim BMX Indonesia Diuji pada Dua Kejuaraan Dunia

Balap sepeda merupakan salah satu andalan Indonesia untuk meraih emas Asian Games.

Atlet sepeda BMX Jawa Barat Rio Akbar memacu sepedanya pada kualifikasi Men's Elite Individual Time Trial PON XIX
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Atlet sepeda BMX Jawa Barat Rio Akbar memacu sepedanya pada kualifikasi Men's Elite Individual Time Trial PON XIX

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim balap sepeda Indonesia disiplin BMX yang disiapkan untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, 18 Agustus-2 September, bakal diuji kemampuannya. Kemampuan tim BMX akan diuji pada dua kejuaraan dunia yang semuanya digelar di Eropa.

"Memang benar, tim BMX akan turun di beberapa kejuaraan yang telah kami siapkan. Satu di Papendal, Belanda dan satu lagi di Zolder, Belgia," kata manajer timnas balap sepeda Indonesia Budi Saputra, Rabu (18/4).

Pada dua kejuaraan dunia tersebut, Indonesia mengirimkan tiga pembalap terbaiknya, yaitu I Gusti Bagus Saputra, Rio Akbar, dan Tony Syarifudin. Sebelum berangkat ke Eropa, ketiga pebalap ini menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Yogjakarta.

Berdasarkan jadwal yang ada, ketiga pembalap Indonesia yang akan diandalkan di Asian Games 2018 ini terlebih dahulu turun di kejuaraan dunia di Papendal, Belanda, 4-6 Mei. Satu pekan berikutnya turun di Zolder, Belgia dengan level kejuaraan yang sama.

Meski kejuaraan masih terbilang cukup lama, tim BMX Indonesia ternyata sudah berangkat lebih awal guna menjalani pemusatan latihan. Hanya saja, bukan Belanda dan Belgia yang menjadi tujuan, namun tim ini ke Prancis. "Mereka sudah berangkat Sabtu (14/4)," kata Budi Saputra yang saat ini mengawal tim Down Hill Indonesia yang menjalani pemusatan latihan di Melbourne, Australia.

Tim BMX Indonesia yang disiapkan untuk Asian Games 2018 adalah empat atlet yang satu di antaranya adalah perempuan yaitu Elga Kharisma Novanda. Hanya saja, pembalap asal Malang ini harus bertahan di Indonesia untuk menjalani penyembuhan cedera pinggulnya.

Elga yang merupakan peraih emas SEA Games 2017 Malaysia itu memang fokus pada proses penyembuhan, mengingat pembalap berusia 25 tahun juga akan diandalkan pada nomor track di kejuaraan olahraga empat tahunan terbesar di Asia itu.

Cabang balap sepeda merupakan salah satu andalan Indonesia untuk meraih emas Asian Games 2018. Ada empat displin yang bakal dipertandingkan, yaitu BMX, Cross Country (DH-MTB), Road Race, dan Track.  

Disiplin BMX sesuai dengan rencana akan dipertandingkan di lintasan balap Pulomas, Jakarta Timur. Untuk DH-TB dan Road Race di kawasan Subang, Jawa Barat. Sedangkan, Track bakal menggunakan velodrome baru yang berada di Rawamangun, Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement