Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Ingin Nonton Pembukaan Asian Para Games? Ikuti Panduan Ini

Sabtu 06 Oct 2018 12:30 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Muhammad Hafil

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri meninjau rekayasa lalu lintas menjelang pembukaan Asian Para Games, Sabtu (6/10).

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri meninjau rekayasa lalu lintas menjelang pembukaan Asian Para Games, Sabtu (6/10).

Foto: Republika/Arif Satrio Nugroho
Pengunjung diperkenankan masuk di pintu 6 dan 7 .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri mengimbau para penonton yang hendak menyaksikan acara pembukaan Asia Para Games di Gelora Bung Karno, Senayan diimbau agar menggunakan kendaraan umum. Pasalnya, lalu lintas di sekitar GBK mulai disterilkan sejak Sabtu (6/10) siang.

"Kita imbau masyarakat yang mau ke sini sebaiknya menggunakan angkutan umum," kata Refdi saat meninjau arus lalu lintas di sekitar GBK.

Apabila masyarakat terlanjur membawa kendaraan pribadi, maka masyarakat harus menitipkan kendaraan di kantung parkir yang tersedia di sekitar GBK. Dari kantung parkir, disediakan pula bus shuttle yang bergerak situasional.

"Untuk pergerakan dari kantong parkir ini sangat fluktuatif dan kita standby untuk mengangkut itu," kata Refdi Andri.

Kantong parkir untuk minibus dan sepeda motor tersedia di Senayan City, parkir Ratu Plaza, parkir Panin Bank, parkir Kemendikbud, dan parkir Hotel Fairmont. Sedangkan kantong parkir yang siap menampung bus, minibus, dan motor terdapat di gedung MPR/DPR RI, Manggala Wanabakti, parkir Lot 17 SCBD, parkir Plaza Senayan, serta parkir Hotel Mulia.

Untuk para atlet dan ofisial pun menurut Refdi telah disiapkan jalur khusus dengan pengawalan petugas. Sehingga, kejadian mereka dapat tepat waktu.

Arus lalu lintas sekitar Gelora Bung Karno akan ditutup mulai pukul 10.00 WIB secara bertahap. Namun penutupan total akan dilakukan pukul 12.00 WIB.

Pembukaan Asian Paragames akan digelar di Gelora Bung Karno pukul 19.00 WIB. Penonton telah diperkenankan masuk sejak pukul 18.00 WIB. Refdi menjelaskan, pada pukul 12.00 WIB hingga selesai upacara pembukaan, yakni pukul 22.00 WIB, jalur di sekitar Gelora Bung Karno akan disterilkan.

Pengunjung diperkenankan masuk di pintu 6 dan 7. Pintu 2 digunakan untuk logistik. Pintu 10 untuk atlet dan ofisial. Sedangkan pintu 3 dan 4 ditutup.

Berikut rekayasa lalin yang telah disiapkan:

- Fly over Senayan dan Ladogi : kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi. Kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, sehingga tidak ada kendaraan yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

- Penutupan Pintu FX Sudirman / Jalan Pintu I Senayan: kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi. Pintu masuk FX Sudirman yang melalui Jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar-masuk kendaraan dan pintu keluar yang melalui Jalan Pintu Satu Senayan ditutup.

- Jalan Hang Lekir: arus lalin dari Jalan Mustopo menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

- Perempatan Patal Senayan: kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 menuju ke Jalan Asia Afrika diarahkan putar balik atau dibelokan ke kiri arah Jalan Senayan 2 / Permata Hijau.

- TL Palmerah: kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan di TL Palmerah menuju ke Jalan Tentara Pelajar - Permata Hijau.

- Pertigaan Jalan Tentara Pelajar: kendaraan yang dari arah TL Palmerah diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

- Pertigaan Jalan Hang Lekir: kendaraan dari arah Jalan Pakubuwono diluruskan ke arah TL Pakubuwono, begitu pun arah sebaliknya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

REKOR

ASIAN GAMES 2018

No Negara G S B T
1 China 132 92 65 289
2 Japan 75 56 74 205
3 South Korea 49 58 70 177
4 Indonesia 31 24 43 98
5 Uzbekistan 21 24 25 70
 
Terpopuler