Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Bungkam Hong Kong, Timnas U-23 Hadapi UEA pada 16 Besar

Senin 20 Agustus 2018 20:56 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah

Pesepakbola Indonesia Irfan Jaya (tengah) berteriak usai memasukan bola kedalam  gawang  Hongkong China dalam pertandingan penyisihan grup Sepakbola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa  Barat, Senin (20/8).

Pesepakbola Indonesia Irfan Jaya (tengah) berteriak usai memasukan bola kedalam gawang Hongkong China dalam pertandingan penyisihan grup Sepakbola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (20/8).

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Hasil ini menempatkan Indonesia menjadi juara Grup A.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Timnas Indonesia U-23 menutup babak penyisihan sepak bola putra Asian Games dengan sempurna. Timnas U-23 menaklukkan Hong Kong 3-1 pada laga terakhir Grup A di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi, Senin (20/8).

Stefano Lilipaly menjadi bintang laga kontra Hong Kong. Ia mencetak satu gol dan dua assist. Sepanjang penyisihan, Lilipaly sudah mencetak tiga gol dan empat assist.

Hasil ini menempatkan Indonesia menjadi juara Grup A. Tim asuhan Luis Milla Aspas mengumpulkan nilai sembilan dari empat laga, unggul satu angka dari Palestina di posisi kedua.

Indonesia akan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) pada babak 16 besar yang akan berlangsung pada Jumat (24/8) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. UEA adalah tim peringkat ketiga Grup C.

Jalannya laga

Tekad mengamankan kemenangan terlihat dari skuat yang diturunkan pelatih Luis Milla Aspas. Ia memainkan penyerang tengah Alberto 'Beto' Goncalves ditopang Stefano Lilipaly di belakangnya. Febri Hariyadi dan Irfan Jaya mengapit dari sisi sayap.

Indonesia yang lebih ngotot untuk memetik kemenangan berusaha mengambil inisiatif serangan sejak awal. Permainan cepat diperagakan Indonesia. Tapi, meladeninya dengan bermain lamban dan hati-hati. Indonesia terkadang ikut dalam tempo lamban yang dimainkan lawan.

Pertahanan disiplin Hong Kong membuat tak banyak peluang tercipta. Tercatat hanya I Putu Gede Juni Antara yang mencoba melepaskan tendangan jarak jauh yang dengan mudah ditangkap kiper Ho Chun Yuen.

Hong Kong bahkan membuka skor terlebih dahulu lewat Lu Hok Ming. Berawal dari tendangan bebas, barisan pertahanan Indonesia tak maksimal membuang si kulit bundar. Wu Chung Ming yang berada di sisi kiri pertahanan Indonesia menguasai bola. Ia kemudian mengirimkan operan ke tiang jauh. Hok Ming yang tak terkawal menjatuhkan badan untuk menyambut bola dan menjebol gawang yang dijaga Andritany Ardhiyasa.

Gol ini membuat Indonesia tersengat. Sejumlah serangan dari berbagai area dilancarkan. Sempat terjadi kericuhan jelang laga berakhir akibat adu fisik untuk merebut bola. Namun skor 1-0 untuk Hong Kong bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak kedua berjalan, publik Stadion Patriot bersorak saat Irfan Jaya berhasil menyamakan kedudukan saat babak kedua belum genap berjalan semenit. Sodoran matang Stefano Lilipaly membuat Irfan leluasa melepas tendangan keras. Walau sempat ditahan Ho Chun Yuen, bola tetap bergulir ke gawang Hong Kong.

Skor imbang ini membuat Indonesia semakin bersemangat menggempur Hong Kong. Di sisi lain, barisan pertahanan Indonesia tampil apik meredam setiap bahaya sehingga Hong Kong terus berada dalam tekanan.

Luis Milla kemudian memasukkan Saddil Ramdani pada menit ke-60 menggantikan Irfan. Masuknya Saddil membuat serangan Indonesia dari kedua sayap tetap hidup. Saddil sesekali berusaha mengancam gawang Hong Kong lewat tendangan keras yang sayangnya belum membuahkan hasil.

Sepuluh menit jelang waktu normal berakhir, Luis Milla memasukkan Septian David Maulana menggantikan Febri Hariyadi. Masuknya Septian membuat serangan Indonesia lebih banyak dialirkan lewat tengah. Pada menit ke-85, Indonesia berbalik unggul lewat gol Lilipaly. Menerima operan terobosan dari Beto, Lilipaly mengubah arah bola untuk mengecoh satu penjaganya sebelum dengan dingin melepas tendangan yang tak terlalu kencang untuk menjebol gawang Hong Kong. Lilipaly merayakan golnya dengan emosional, berlari mengembangkan kedua tangannya ke arah tribun penonton Indonesia.

Saat skor tampaknya akan berakhir 2-1, Indonesia menambah satu gol lagi pada menit keempat injury time. Baru dua menit di lapangan, Hanif Sjahbandi yang masuk pada menit kedua injury time menggantikan Beto, mencetak gol ketiga Indonesia. Umpan silang Lilipaly dituntaskan Hanif dengan sempurna. Gol ketiga ini disambut gegap gempita pendukung Indonesia. Gol ini menjadi penutup laga sekaligus kepastian Indonesia melangkah ke babak 16 besar dengan status juara Grup A menghadapi UEA.

Susunan pemain

Indonesia (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede, Ricky Fajrin, Hansamu Yama, Rezaldi Hehanusa; Zulfiandi, Evan Dimas; Febri Hariyadi (80' Septian David Maulana), Stefano Lilipaly, Irfan Jaya (60' Saddil Ramdani); Beto Goncalves (90+2' Hanif Sjahbandi).

Hong Kong (3-5-2): Ho Chun Yuen; Wang Kit Tsui, Lau Hok Ming, Vasudeva Nunez; Ka Wai Lam, Wu Chun Ming, Chun Lok Tan, Hin Ting lam, Hiu Chung Law; Wai Keung Chung, Matthew Elliot Orr. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

REKOR

ASIAN GAMES 2018

No Negara G S B T
1 China 132 92 65 289
2 Japan 75 56 74 205
3 South Korea 49 58 70 177
4 Indonesia 31 24 43 98
5 Uzbekistan 21 24 25 70