Senin 20 Aug 2018 05:29 WIB

Pelatih Bangladesh Bangga Pemainnya Bisa Cetak Sejarah

Bangladesh untuk pertama kalinya lolos dari fase grup sepak bola Asian Games

Pesepak bola Bangladesh, Fahad Mohammad Atqur Rahman (kanan) bersyukur setelah memenangkan laga melawan Qatar, saat babak penyisihan pada grup B, Asian Games ke-18, di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (19/8).
Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Hery Sudewo
Pesepak bola Bangladesh, Fahad Mohammad Atqur Rahman (kanan) bersyukur setelah memenangkan laga melawan Qatar, saat babak penyisihan pada grup B, Asian Games ke-18, di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (19/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pelatih tim nasional U-23 Bangladesh James Day bangga melihat anak-anak asuhnya mencetak sejarah. Bangladesh untuk pertama kalinya lolos dari fase grup sepak bola putra Asian Games.

Kepastian itu didapat setelah Bangladesh menaklukkan timnas U-23 Qatar di laga terakhir Grup B dengan skor 1-0. Kemenangan itu didapatkan secara dramatis setelah gol tercipta di menit ke-90+3.

"Usaha para pemain untuk memenangkan laga luar biasa. Itu menunjukkan bahwa ketika kita inginkan sesuatu dan berusaha keras untuk itu, kita bisa menggapainya," ujar James di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (19/8) malam.

Pelatih asal Inggris Raya itu melanjutkan, Bangladesh mampu bermain lebih terorganisasi dibandingkan lawannya. Selain itu, dia menyanjung anak-anak asuhnya yang bermain sabar hingga penghujung laga untuk mencetak gol.

"Para pemain sudah bekerja keras, dalam pertandingan ini maupun dalam latihan. Mereka memberikan segalanya ketika berlaga, menerapkan apa yang kami rencanakan. Saya sangat senang melihat mereka," tutur James.

Sementara sang pencetak gol tunggal Bangladesh ke gawang Qatar, Jamal Bhuyan menyebutkan dirinya sangat gembira bisa menjadi penentu kelolosan timnya. Meski demikian, kapten timnas U-23 Bangladesh berusia 28 tahun itu menolak panggung diberikan untuk dirinya seorang.

"Saya sangat senang. Itu gol yang bagus. Akan tetapi, itu bukan milik saya. Itu gol tim karena tanpa rekan-rekan gol itu tidak akan terjadi," tutur Jamal.

Ada pun kemenangan 1-0 atas timnas U-23 Qatar membuat Bangladesh menduduki peringkat kedua klasemen akhir Grup B dengan mengoleksi empat poin dari tiga laga.

Mereka mengungguli Thailand di peringkat ketiga dengan dua poin dan Qatar di posisi juru kunci dengan satu poin.

Bangladesh lolos ke 16 besar bersama pimpinan klasemen Uzbekistan yang memiliki sembilan poin setelah tidak terkalahkan di tiga laga Grup B.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement