Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Ini Skenario Timnas U-23 Lolos ke 16 Besar Sepak Bola Putra

Senin 20 Agustus 2018 00:41 WIB

Red: Israr Itah

Para pemain timnas Indonesia U-23. (ilustrasi)

Para pemain timnas Indonesia U-23. (ilustrasi)

Foto: INASGOC/Hery Sudewo
Indonesia lolos sebagai juara Grup A atau satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia u-23 hanya memiliki dua skenario untuk lolos ke babak 16 besar cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018. Indonesia lolos sebagai juara Grup A atau satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Indonesia yang menempati posisi ketiga Grup A dengan perolehan enam poin akan lolos ke 16 besar dengan berstatus juara grup apabila menang atas Hong Kong pada pertandingan pamungkas di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Senin (20/8).

Jika meraih kemenangan, Indonesia akan mengumpulkan sembilan angka dan akan melewati Hong Kong (tujuh poin) dan Palestina (delapan poin).

Baca juga: Pelatih Hong Kong Janjikan Laga Sengit Lawan Indonesia

Sementara untuk lolos sebagai satu dari empat peringkat ketiga terbaik, Garuda Muda butuh hasil imbang. Kalah tetap berpeluang lolos, namun masih harus menanti hasil dari grup lain.

Dalam format grup sepak bola putra Asian Games, terdapat enam grup yang akan mengirimkan dua wakilnya ke babak 16 besar. Kemudian ditambah empat tim dari posisi tiga terbaik untuk menggenapi 16 kontestan yang akan berlaga di babak gugur.

Dalam hasil terbaru enam grup, Thailand kemungkinan besar akan tersisih. Sebab, Negeri Gajah Putih baru mengumpulkan nilai dua. Ini artinya, Indonesia hanya butuh satu tim lain gagal meraih tiga poin. Peluang itu bisa didapat dari Grup E.

Baca juga: Thailand Berharap Keajaiban ke 16 Besar Sepak Bola Putra

Di Grup E, Kirgistan yang menempati posisi ketiga baru mengumpulkan nilai satu. Kirgistan akan berhadapan dengan Korea Selatan yang mengusung misi wajib menang untuk memastikan lolos setelah kekalahan mengejutkan 1-2 dari Malaysia. Di atas kertas, sulit bagi Kirgistan mengalahkan Korsel. 

Bahrain di posisi empat Grup E juga mengumpulkan nilai satu, namun akan berhadapan dengan pemuncak klasemen Malaysia. Jika Malaysia yang sudah lolos tak 'melepas' laga, kemungkinan Bahrain menang juga sulit. Kegagalan Kirgistan dan Bahrain memetik kemenangan menjamin tempat Indonesia di 16 besar.

Kondisi Grup E juga terjadi di Grup F. Myanmar di posisi ketiga dan Korea Utara (Korut) di posisi keempat sama-sama mengumpulkan nilai satu. Myanmar butuh kemenangan dari pemuncak klasemen Iran yang mengumpulkan nilai empat. Korut juga masih bisa lolos andai mampu mengalahkan Arab Saudi di posisi kedua dengan nilai empat.

Baca juga: Indonesia Waspadai Dua Pemain Naturalisasi Hong Kong

Jika Myanmar dan Korut menang, maka empat tim di Grup F sama-sama mengumpulkan nilai empat. Mereka akan berhitung hasil pertemuan, selisih gol, dan lain-lain untuk menentukan juara, runner-up, dan peringkat tiga.

Skenario terbaik bagi Indonesia adalah Myanmar dan Korut gagal menang. Ini artinya Indonesia akan lolos walaupun kalah dari Hong Kong.

Karena terkait dan hasil laga-laga ini saling mempengaruhi, pertandingan terakhir penyisihan Grup A, E, dan F akan digelar berbarengan. 

Daftar tim peringkat tiga terbaik:

Indonesia (Grup A) - 3 poin* (poin melawan tim terbawah tidak dihitung)

Uni Emrirat Arab (Grup C) - 3 poin

Pakistan (Grup D) - 3 poin

Thailand (Grup B) - 2 Poin

Kyrgistan (Grup E) - 1 poin*

Myanmar (Grup F) - 1 poin*

*Menyisakan satu pertandingan

Jadwal pertandingan Grup A

Senin 20 Agustus pukul 19.00 WIB

Indonesia vs Hongkong

Cina Taipei vs Laos

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

REKOR

ASIAN GAMES 2018

No Negara G S B T
1 China 132 92 65 289
2 Japan 75 56 74 205
3 South Korea 49 58 70 177
4 Indonesia 31 24 43 98
5 Uzbekistan 21 24 25 70