Jumat 17 Aug 2018 19:49 WIB

Beto Bawa Indonesia Ungguli Laos pada Babak Pertama

Gol dari Alberto 'Beto' Goncalves menjadi pembeda pada 45 menit pertama.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Alberto 'Beto' Goncalves. (kanan)
Foto: Republika/Prayogi
Alberto 'Beto' Goncalves. (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Timnas Indonesia U-23 untuk sementara memimpin 1-0 atas Laos U-23 pada babak pertama laga Grup A sepak bola putra Asian Games 2018. Gol dari Alberto 'Beto' Goncalves menjadi pembeda pada 45 menit pertama laga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (17/8) malam.

Indonesia sebenarnya punya sederet peluang untuk mencetak gol lebih banyak. Akan tetapi lemahnya bola terakhir dan penyelesaian membuat hanya satu gol yang bisa tercipta lewat Beto.

Jalannya laga

Pelatih Luis Milla Aspas memasang Beto yang absen saat timnas U-23 kalah 1-2 lawan Palestina. Beto menjadi penyerang tengah diapit dua winger Febri Hariyadi dan Saddil Ramdani.

Adapun pelatih Mike Wong menerapkan formasi 4–4-1-1 di tim Laos. Ada penyerang muda Soukchinda Natphasouk yang diandalkan sebagai di depan. Ia disokong gelandang tengah Lathasay Lounlasy dan sang kapten Tiny Bounmalay.  

Indonesia langsung melancarkan tekanan sejak awal. Peluang pertama tercipta lewat akselerasi Febri Hariyadi yang gagal dituntaskan oleh tandukan Stefano Lilipaly. Berikutnya pada menit ketujuh, akselerasi Febri di sebelah kanan kotak penalti Laos kali ini dipungkasi dengan operan kepada Lilipaly. Sayang, bola masih terlalu tinggi bagi sang gelandang yang menunggu di tiang jauh. Berikutnya sundulan Beto dari sepak pojok Febri juga belum menemui hasil.

Pada menit ke-12, sepakan keras Lilipaly dari sektor kanan tepat ke gawang. Namun lagi-lagi kiper Paseuth Saymanolynh berhasil menggagalkan. Permainan agresif Indonesia baru berbuah hasil pada menit ke-13. Pertama kali lepas di sisi kanan, Saddil melepas cut back. Beto yang berada di posisi sempurna menuntaskan bola matang untuk membuka skor 1-0. Ini menjadi gol kedua Beto di Asian Games 2018 setelah sebelumnya menyumbang satu gol saat timnas U-23 mengalahkan Cina Taipei 4-0.

Tertinggal satu gol, membuat Laos berusaha keluar dari tekanan. Tetapi upaya membalas gol dari Laos tak pernah berhasil. Kiper Andritany Ardhiyasa nyaris tak menyentuh bola selama  setengah jam. Dominasi penguasaan bola di kaki-kaki para penggawa Garuda, mencapai 65 persen. Namun para penggawa Garuda, pun belum mampu menggandakan kedudukan. Sampai  menit ke-35, papan skor masih tetap 1-0.

Pada menit ke-36, striker Laos Natphasouk berhasil mencetak gol dari lini tengah. Namun hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Wasit Mohamed Zaid Thamer dari Irak, terpaksa menganulir gol balasan tersebut. Pada menit ke-41, Beto mencoba memberikan umpan lambung ke Lilipaly yang menunggu di dekat gawang. Sayang sundulan dari pemain Bali United itu mengantarkan bola keluar lapangan.

Indonesia masih tetap unggul 1-0 sampai menit ke-45. Saat injury time satu menit berlangsung, Beto punya satu peluang menggandakan kedudukan, namun gagal. Skor 1-0 menutup babak pertama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement