Ahad 12 Aug 2018 13:21 WIB

Sambut Asian Games, Ancol Gelar Kompetisi Aquathlon 2018

Ancol Aquathlon 2018 merupakan kompetisi multisport perdana yang digelar Ancol.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gita Amanda
Peserta mencapai garis finish Ancol Aquathlon 2018.
Foto: Shelbi Arianti/REPUBLIKA
Peserta mencapai garis finish Ancol Aquathlon 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman Impian Jaya Ancol menggelar kompetisi olah raga Ancol Aquathlon 2018 di Pantai Lagoon Ancol, Jakarta, Ahad (12/8). Bagian dari rangkaian kegiatan Ancol Asian Festival itu diadakan untuk menyambut dan meramaikan Asian Games 2018.

"Kegiatan ini merupakan gabungan antara pariwisata dan olah raga, sekaligus wujud kemeriahan serta menggelorakan semangat kompetisi menjelang Asian Games," ujar Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, C Paul Tehusijarana.

Dia mengatakan, Ancol Aquathlon 2018 merupakan kompetisi multisport perdana yang digelar Ancol. Sebelumnya, ada ajang serupa yang pelaksanaanya berlokasi di kawasan Ancol, tetapi diorganisir oleh pihak lain.

Sebanyak 478 peserta mengikuti gabungan kompetisi berenang 750 meter dan lari lima kilometer itu. Peserta berenang di perairan Pantai Lagoon, sementara rute lari dimulai dari Pantai Lagoon, Danau Ancol, Atlantis Water Adventure, Putri Duyung Ancol, Pantai Indah, venue Jetski Asian Games, menyusuri bibir Pantai Ancol menuju garis finish di Beach Pool.

Paul menginformasikan, para peserta dari kategori jenis kelamin memperebutkan hadiah uang tunai jutaan rupiah. Setiap peserta mendapatkan jersey, swim cap, bib, asuransi, dan medali, ditambah akses masuk kawasan Ancol Taman Impian gratis selama lima bulan yang berlaku untuk satu orang dan satu kendaraan.

Panitia pun telah mempersiapkan tenaga keamanan dan tenaga medis yang berjaga di sepanjang jalur lomba. Khusus di pantai, selain menyiagakan lifeguard, panitia menyiapkan pasukan penyelam agar peserta dapat merasa lebih aman dan nyaman.

Ancol Aquathlon 2018 yang sukses terselenggara diharapkan Paul bisa dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang. Pihaknya pun menerima masukan dari peserta agar bisa menarik lebih banyak orang dan mengorganisir kegiatan dengan lebih baik.

photo
Para pemenang Ancol Aquathlon 2018.

"Tidak hanya membuat masyarakat lebih sehat dan meningkatkan dari aspek ekonomi, kegiatan ini juga berpotensi memunculkan bakat-bakat baru dalam bidang olahraga agar bisa berkompetisi di tingkat dunia," ujar Paul.

Selama acara berlangsung, pengunjung bisa mengunjungi booth perawatan kulit, UV photobooth, dan melakukan pemeriksaan kulit yang dihadirkan merek tabir surya Nivea Sun. Kegiatan juga dihadiri figur publik Sandiaga Salahuddin Uno, Ibnu Jamil, Fajar Alexa, Kelly Tandiono, dan atlet senior Richard Sam Bera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement