Sabtu 11 Aug 2018 13:46 WIB

Menteri Airlangga Bawa Obor Asian Games di Kota Bandung

Sebanyak 20 pelari membawa obor menuju Gedung Sate.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Friska Yolanda
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjadi pelari pertama yang membawa obor Asian Games di Kota Bandung, Sabtu (11/8).
Foto: Republika/Zuli Istiqomah
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjadi pelari pertama yang membawa obor Asian Games di Kota Bandung, Sabtu (11/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Obor Asian Games tiba di Kota Bandung, Sabtu (11/8). Obor ini dibawa berlari mengelilingi Kota Bandung dari Jalan Dr Djunjunan (Pasteur) menuju Gedung Sate sepanjang 10 kilometer.

Menteri Perindustrian Arilangga Hartanto ikut ambil bagian dalam pawai obor di Kota Bandung. Airlangga menjadi pelari pertama pembawa obor setelah diserahkan ke Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Mengenakan seragam olahraga Asian Games berwarna putih dan biru tua dan topi warna senada, Airlangga menerima obor dari Oded di Jalan Pasteur. Ia berlari sepanjang 500 meter yang kemudian menyerahkan obor ke Djajang Nurjaman.

Airlangga mengaku senang bisa ikut berpartisipasi dalam event internasional ini. Apalagi Indonesia menanti selama 56 tahun untuk kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga tingkat Asia.

"Tentu bangga (bawa obor), ini sesuatu karena saya kan bukan atlet, jadi dapat kehormatan bawa obor Asian Games. Kepercayaan luar biasa," kata Airlangga.

photo
Pj Gubernur Jawa Barat M Iriawan menyalakan obor besar di halaman Gedung sate dari api Asian Games saat sampai di Kota Bandung, Sabtu (11/8).

Ia berharap kemeriahan Asian Games bukan hanya seremoni semata. Tapi bisa menghadirkan prestasi bagi tanah air di mata dunia, bahwa Indonesia memiliki atlet-atlet berbakat yang bisa bersaing dengan negara lain.

Tak hanya itu, ia menginginkan kesuksesan penyelenggaraan Asian Games tidak hanya pada saat event berlangsung. Tapi memberikan dampak bagi kemajuan Indonesia ke depannya.

"Karena ini ditujukan juga sebagai event untuk mempromosikan Indonesia di mata dunia dan biasanya ekonomi akan tumbuh setelah Asian Games ini. Tentu setelah Asian Games ini awareness dunia terhadap Indonesia akan semakin baik apalagi sukses penyelenggaraan dna prestasi," tuturnya.

Sebanyak 20 pelari membawa obor menuju Gedung Sate. Nantinya PJ Gubernur Mochaman Iriawan akan menerima obor api yang keesokan harinya akan dibawa menuju Kabupaten Garut. Selain pelari, ada pula iring-iringan bandros dan sponsor yang ikut dalam pawai obor tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement