Jumat 10 Aug 2018 19:19 WIB

Timnas Hongkong U-23 Buka Laga dengan Kemenangan Atas Laos

Kemenangan atas Laos membuat Hongkong sementara memimpin klasemen Grup A.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Pemain sepakbola Hongkong Law Hiu Chung (17) mengamankan bola dari pemain Laos Singsavang Xayasith (16) pada babak penyisihan Grup A cabang Sepak Bola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Bekasi Jawa Barat,jumat (10/8/2018).
Foto: Antara/Inasgoc/Charli
Pemain sepakbola Hongkong Law Hiu Chung (17) mengamankan bola dari pemain Laos Singsavang Xayasith (16) pada babak penyisihan Grup A cabang Sepak Bola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Bekasi Jawa Barat,jumat (10/8/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Empat gol terjadi di laga perdana penyisihan Grup A cabang sepak bola Asian Games 2018 yang mempertemukan timnas Laos U-23 dan Hongkong U-23. Laga antara kedua kesebelasan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat (Jabar), pada Jumat (10/8), berakhir dengan skor 3-1 untuk Hongkong.

Saat laga kedua kesebelasan, antusiasme penonton didominasi para pelajar dari beberapa sekolah di Bekasi. Sebagian besar para pelajar SMP. Stadion dengan kapasitas tak kurang dari 30 ribu kursi itu tampak lengang dengan jumlah suporter yang tak lebih dari seratus orang. Meski sepi, tapi kedua kesebelasan tampak tampil maksimal membuka laga.

Timnas Laos bermain berani dengan mencoba strategi terbuka. Tapi Hongkong mendominasi lalu-lalang bola. Kedua kesebelasan bermain imbang sampai menit ke-20. Namun penampilan agresif para penggawa Hongkong berhasil membuka keunggulan. Gawang Laos berhasil dijebol pada menit ke-20.

Adalah striker Cheng Hin Lung yang berhasil mencatatkan namanya pertama di papan angka. Sekaligus menandai gol pertama di Asian Games tahun ini. Gol terjadi berawal dari aksi gelandang serang Orr Matthew Elliot Wing Kai yang melepas sepakan keras ke gawang yang dikawal Paseuth Saymanolynh. Bola berhasil ditepis kiper Syamanolynh. Namun tak berhasil diselamatkan. Ada Hin Lung yang merebut bola dan berhasil melepas sepakan keras ke gawang dan gol.

Skor 1-0 membuka keunggulan Hongkong. Laos mencoba membalas. Pada menit ke-20-an, dua kali upaya Laos menyamakan kedudukan. Tapi tak ada yang berhasil menjadi gol.

Alih-alih membuat skor imbang, Laos kembali kebobolan pada menit ke-40. Tendangan dari areal penalti oleh gelandang Tan Chun Lok keras ke arah gawang. Kiper Symanolynh yang tak mampu mengadang, membiarkan gawangnya kembali jebol. Skor 2-0 untuk Hongkong menutup babak pertama.

Di babak kedua, Laos mencoba keras membalas gol. Upaya tersebut berhasil pada menit ke-61. Gol dari gelandang Kongmathilah Phithack mengubah papan skor menjadi 2-1. Skor tersebut bertahan lama sampai menit ke-80. Namun menjelang pertandingan bubar, Hongkong mendapat keuntungan lewat gol bunuh diri pemain Laos, Lounlasy Lathasy yang terjadi pada menit ke-86. Skor pun menjadi 3-1 untuk Hongkong. Skor tersebut bertahan sampai pertandingan bubar.

Kemenangan atas Laos membuat Hongkong sementara memimpin klasemen Grup A dengan koleksi tiga angka. Usai laga Laos versus Hongkong, pertandingan lanjutan Grup A akan mempertemukan antara Palestina U-23 versus Taiwan U-23, Jumat (10/8) malam.

Timnas Indonesia U-23 yang juga berada di Grup A akan melakoni laga perdana pada Ahad (12/8) melawan Taiwan. Sedangkan, Laos akan melakoni laga kedua dengan melawan Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement