Kamis 02 Aug 2018 11:33 WIB

Inasgoc: Belum Ada Surat Resmi Irak Mundur dari Sepak Bola

Inasgoc belum bisa memberi tanggapan karena belum mendapatkan surat resmi dari Irak.

Rep: Febrian Fachri / Red: Israr Itah
Sekretaris Jenderal Inasgoc, Eris Herryanto
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Sekretaris Jenderal Inasgoc, Eris Herryanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Irak dilaporkan akan menarik dari dari partisipasi mereka di cabang sepak bola Asian Games 2018. Irak menarik diri karena mereka tersangkut persoalan di asosiasi sepak bola Asia. Irak terancam hukuman dari Federasi Sepak Bola Asia Barat karena kedapatan memalsukan usia pemain timnas U-16.

Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) belum mau merespons pemberitaan mundurnya timnas sepak bola Irak ini. Sekjen Inasgoc Eris Herryanto mengatakan, Inasgoc belum bisa memberi tanggapan karena belum mendapatkan surat resmi dari Irak. 

"Kami belum dapat pemberitahuan resmi. Kami belum bisa memberikan komentar," kata Eris kepada Republika.co.id, Kamis (2/8).

Hal yang sama dikatakan oleh Deputi I Inasgoc Harry Warganegara. Menurut dia, kabar tentang mundurnya Irak dari cabang sepak bola Asian Games 2018 masih sebatas rumor. Terlebih, Asosiasi Sepak Bola Irak (IFA) menyebutkan timnas U-23 mereka tetap ikut Asian Games. Timnas yang diasuh pelatih Abdul Ghani Shahad itu masih fokus berlatih menjelang Asian Games di Kota Erbil, Irak bagian utara.

Baca juga: Irak Dilaporkan Mundur dari Cabor Sepak Bola Asian Games

"Jadi, kami tak bisa memberikan tanggapan mengenai hal ini, masih rumor," ujar Harry. 

Andai benar Irak mundur, penyelenggaraan cabang sepak bola Asian Games 2018 akan sedikit terganggu. Irak sebelumnya sudah mendapatkan jatah berkompetisi di Grup C untuk bersaing dengan Cina, Timor Leste dan Suriah. Batalnya Irak akan membuat Grup C hanya akan diikuti tiga negara. 

Sebenarnya AFA bisa saja memasukkan negara lain seperti negara dari grup A yang berisi lima negara peserta. Tapi hal itu berpotensi membuat putaran grup cabor sepak bola Asian Games harus kembali diundi ulang. Undian penyisihan grup sepak bola Asian Games sudah terlaksana dua kali. Akhir Juli lalu, AFA, OCA dan Inasgoc harus melakukan undian tambaan menyusul Palestina dan Uni Emirat Arab yang tak masuk dalam undian awal.

Mundurnya Irak berpotensi menambah pekerjaan OCA, AFA dan Inasgoc. Karena jadwal kick off cabang sepak bola asian Games tak sampai dua pekan lagi. Kick-off cabor sepak bola akan dilaksanakan pada Senin (12/8) di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement