Selasa 24 Jul 2018 12:45 WIB

Pemerintah Yakin Karhutla Jelang Asian Games Bisa Diatasi

Satgas Karhutla telah menggelontorkan 21 juta liter air.

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Muhammad Hafil
Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah terus berupaya memastikan pelaksanaan Asian Games 2018 bebas asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar menyampaikan, seluruh instansi pemerintahan baik pusat dan daerah terlibat untuk mendukung pencegahan karhutla.

"Menko Perekonomian (Darmin Nasution) memeriksa kesiapan untuk Asian Games 2018 dalam kaitan dengan karhutla. Langkahnya sudah banyak dan menurut saya manageable. Tapi jangan sampai kita lengah sehingga tidak tertangani," kata Siti usai mengikuti rapat koordinasi di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta pada Selasa (24/7).

Dia mengatakan, berdasarkan data per 15 Juli 2018 belum terjadi kebakaran di Sumatra Selatan. Untuk diketahui, penyelenggaran Asian Games 2018 akan digelar di DKI Jakarta dan Sumsel.

Pada saat itu, kata Siti, Satgas Pemadaman Karhutla telah menggelontorkan 21 juta liter air dalam operasi bom air atau water bombing. Karena tidak ada kebakaran, belum ada operasi water bombing di wilayah Sumsel.

Dia turut mengapresiasi langkah modifikasi cuaca di Sumsel dengan memberikan stimulus hujan. Hal itu, katanya, membuat Indeks Standar Pencemaran Udara di Palembang relatif baik.

Kemudian, pada 16 Juli 2018, muncul titik api di Sumsel. Dari 23 juta liter water bombing, sebanyak 2 juta liter air digelontorkan di Sumsel untuk memadamkan kebakaran. "Kalau sekarang apinya sudah mulai mati," katanya.

Kendati demikian, Siti meminta posko-posko pemantauan tetap waspada dan memperkuat pengawasan. Selain itu, ia juga meminta pencegahan kebakaran dengan mendorong pertanian tanpa bakar.

"Karena sekarang kan petani-petani lagi pada suka tanam sawit juga. Oleh karena itu, penananam lahannya harus diberi pengarahan oleh Kementerian Pertanian. Menko (Darmin) rencananya akan rapat tindak lanjut lagi dengan beberapa kementerian," kata Siti.

Sebelumnya, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto memastikan, kepolisian akan meminta pertanggungjawaban dari pihak pihak yang menjadi kebakaran hutan dan lahan. Apalagi, kata dia, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) juga membayangi perhelatan Asian Games.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement