Selasa 24 Jul 2018 02:42 WIB

Anies Umumkan Hasil Simulasi Waktu Tempuh Asian Games

Simulasi dilakukan dari Wisma Atlet Kemayoran, menuju enam titik lokasi.

Rep: Sri Handayani/ Red: Andri Saubani
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meninjau proyek penataan trotoar dan jalan di ruas Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Ahad (22/7).
Foto: Republika/Sri Handayani
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meninjau proyek penataan trotoar dan jalan di ruas Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Ahad (22/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Di tengah kuatnya isu kemacetan di Ibu Kota, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengejar target agar waktu tempuh kendaraan Asian Games 2018 dari Wisma Atlet menuju tempat-tempat pertandingan agar tak lebih dari 34 menit. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, malam lalu, melaporkan hasil simulasi tersebut.

Menurut data yang dibacakan, simulasi dilakukan pada Kamis (19/7) dari Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat menuju enam titik lokasi Asian Games 2018. Jarak terjauh yang ditempuh sepanjang 41,5 kilometer, yakni dari Wisma Atlet Kemayoran menuju venue golf di Pondok Indah Golf Course. Waktu tempuh kendaraan ketika berangkat tercatat hanya 29 menit dan pulang 40 menit.

"Jadi lebih cepat dari yang kita duga berangkatnya," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (23/7).

Data di lokasi lain menunjukkan jarak dari Wisma Atlet Kemayoran menuju venue pencak silat di Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ditempuh dalam waktu 27 menit. Dari Wisma Atlet Kemayoran ke Cibubur ditempuh 30 menit, Kemayoran-GOR Bulungan selama 24 menit, Kemayoran ke Ancol 12 menit, Kemayoran ke Rawamangun 18 menit, dan Kemayoran ke Gelora Bubg Karno (GBK) Senayan 21 menit.

"GBK Senayan 21 menit itu lewat tol, kalau yang lewat arteri itu 24 menit," kata Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta Andri Yansyah menambahkan.

Olympic Council of Asia OCA menetapkan jarak antara Wisma Atlet ke tempat pertandingan Asian Games harus bisa ditempuh dalam waktu maksimal 34 menit. Dalam uji coba sebelumnya, ada tiga lokasi yang belum dapat memenuhi ketentuan tersebut. Ketiga lokasi itu yakni, venue golf di Pondok Indah sejauh 41,5 kilometer, venue di Cibubur sejauh 39 kilometer, dan venue pencak silat di TMII berjarak 29 kilometer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement