Ahad 15 Jul 2018 21:50 WIB

Sandi: Asian Games Milik Semua Lapisan Masyarakat

Ajang Asian Games ke-18 enam pekan lagi akan digelar di Jakarta dan Palembang.

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Endro Yuwanto
Pawai Obor ASIAN Games.Obor ASIAN Gaes 2018 dipamerkan saat konfrensi pers INASGOC di Jakarta, Kamis (12/7).
Foto: Republika/ Wihdan
Pawai Obor ASIAN Games.Obor ASIAN Gaes 2018 dipamerkan saat konfrensi pers INASGOC di Jakarta, Kamis (12/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menegaskan, Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang adalah hajatan bersama milik bangsa Indonesia. Semua lapisan masyarakat perlu turut serta terlibat untuk menyukseskan gelaran ini.

"Demam Asian Games harus dirasakan oleh seluruh masyarakat karena bukan hanya milik lapisan masyarakat ke atas tapi juga lapisan bawah," kata Sandi usai melepas secara simbolis peserta lari Festival Jelang Obor Asian Games di Koja, Jakarta Utara, Ahad (15/7).

Ajang olahraga akbar Asian Games ke-18 enam pekan lagi akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyelenggarakan Festival Jelang Obor Asian Games 2018 untuk menggaungkan demam Asian Games ke seluruh warga di setiap sudut kota Jakarta.

Kegiatan Festival Jelang Obor Asian Games 2018 ini dilaksanakan di lima wilayah kota dan kabupaten administrasi, 44 kecamatan, dan 267 kelurahan di Provinsi DKI Jakarta. Ahad (15/7) merupakan hari terakhir Festival Jelang Obor Asian Games digelar.

"Kecamatan Koja menjadi bagian dari festival sejarah. Asian Games akan hadir dan Kecamatan Koja menjadi bagian dari Festival Jelang Obor. Tadi kami bawa obor replika keliling di (seluruh) kelurahan sekitar Kecamatan Koja," ujar Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, dengan dilakukannya Festival Jelang Obor Asian Games di enam kelurahan yang ada di Kecamatan Koja, Jakarta Utara, hal ini membuktikan bahwa seluruh lapisan masyarakat di Jakarta Utara siap menyambut dan menyukseskan Asian Games ke-18 yang berlangsung dari 20 Agustus sampai 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Festival serupa di hari yang sama juga berlangsung di seluruh kecamatan di Jakarta Utara dan juga berlangsung di seluruh kecamatan di Kepulauan Seribu. Sandi mengatakan, gelaran festival obor Asian Games ini merupakan hasil kerja sama pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat Ibu Kota Jakarta. Pelibatan dunia usaha, kata dia, adalah bagian dari kemitraan. "Jadi masyarakat bahagia, kolaboratif, dan partisipatif. Kami ingin semuanya foto, selfie (dan) wefie dengan replika obor kita dengan hastag #AsianGames2018 dan #pawaiobor2018," katanya.

Sementara itu, Walikota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau menjelaskan, rute lari atau pawai Festival Jelang Obor ini mulai dari halaman Kantor Kecamatan Koja menuju Kelurahan Tugu Utara-Kelurahan Tugu Selatan-Kelurahan Rawa Badak Selatan-Kelurahan Rawa Badak Utara-Kelurahan Lagoa, lalu berakhir di parkiran halaman Kantor Kecamatan Koja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement