Sabtu 07 Jul 2018 17:00 WIB

Jokowi Harap Panahan Raih Banyak Emas Pada Asian Games

Jokowi juga menceritakan mengenai kegiatannya berlatih memanah beberapa tahun ini.

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Ratna Puspita
Presiden Jokowi bertemu dengan ratusan atlet panahan di Istana Kepresidenan, Bogor, Sabtu (7/7).
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Presiden Jokowi bertemu dengan ratusan atlet panahan di Istana Kepresidenan, Bogor, Sabtu (7/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan ratusan pemanah lintas usia di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/7). Mereka adalah atlet memanah yang akan mengikuti kejuaraan Second Bogor Open Archery Championship 2018.

Dengan banyaknya atlet memanah muda yang ikut dalam kompetisi Bogor Open, Jokowi pun berharap para atlet pemanahdari Indonesia bisa meraih banyak penghargaan di berbagai kompetisi. Termasuk dalam pegelaran Asian Games Agustus mendatang.

Dia berharap pemanah Indonesia mampu meraih banyak medali emas pada pesta olahraga antarnegara di Benua Asia itu. "Yang baik dan saya melihat di Asian Games 2018 ini target panahan itu emasnya paling banyak nanti," ujar Jokowi, Sabtu.

Dia pun mengimbau agar bibit-bibit muda pemanah dari dalam negeri betul-betul bisa dilatih secara profesional. Dengan demikian, ia mengatakan, regenerasi pemanah tidak tergerus waktu pada masa mendatang. 

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi pun membagikan jaket Asian Games yang dia pakai. Jaket Asian Games tersebut diberikan pada atlet memanah yang berasa dari Papua.

Sampir Purnomo yang menerima jaket tersebut merasa sangat terharu karena bisa mendapat jaket yang langsung diberikan oleh Jokowi. Apalagi jaket ini adalah jaket yang dikenakan Jokowi.

"Tadi saya berdiri di paling depan. Pas dipilih langsung saya maju ke depan. Jaketnya langsung saya terima. Saya bahagia banget," ujarnya.

Latihan

Jokowi juga menyampaikan rasa bahagianya karena bisa bertemu dengan pemanah yang berasal dari berbagai komunitas di seluruh Indonesia. Dia pun menceritakan mengenai kegiatannya berlatih memanah yang mulai digeluti beberapa tahun ke belakang. 

"Saya sudah berlatih lama tapi, hehehe. Sampai saat ini juga levelnya ga naik-naik. Sulit ternyata (berlatih memanah), tidak gampang," ujar Jokowi, Sabtu (7/7).

Dengan latihan yang dilakukan Jokowi sebenarnya sempat ragu saat harus ikut kompetisi ini tahun lalu. Terlebih dia dilihat oleh banyak penonton dan para pemanah yang sudah jauh lebih mahir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement