Ahad 01 Jul 2018 20:24 WIB

Sambut Asian Games, MRT Benahi Jalur Sudirman-Thamrin

Kereta cepat MRT mulanya ditargetkan bisa digunakan sebelum Asian Games 2018 digelar.

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Endro Yuwanto
Sejumlah pekerja melakukan perawatan rangkaian kereta MRT di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (26/4).
Foto: Republika/Akbar Nugroho Gumay
Sejumlah pekerja melakukan perawatan rangkaian kereta MRT di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (26/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT MRT Jakarta berkomitmen untuk secepatnya membenahi Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin yang terdampak proyek kereta cepat MRT. Direktur Utama PT MRT Jakarta William Syabandar mengatakan, hal ini dilakukan demi menyambut perhelatan akbar Asian Games yang akan berlangsung pada Agustus mendatang.

"Paling lambat 31 Juli Jalan Sudirman dan Thamrin sudah lurus, tidak belok-belok. Sudah diaspal kembali semuanya," ujar William di proyek MRT di kawasan Senayan, Ahad (1/7).

William juga memastikan pihaknya akan mengembalikan pedestrian serta median jalan yang sempat hilang akibat proyek pengerjaan kereta cepat. "Bagian yang sudah selesai akan dibuka, yang belum selesai kami cover dan diberikan promosi Asian Games," kata dia.

Kereta cepat MRT mulanya sempat ditargetkan sudah dapat digunakan sebelum Asian Games digelar. Namun, target itu harus mundur hingga Maret 2019.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, hingga saat ini progres pembangunan MRT telah mencapai 94 persen. Mulai September mendatang, MRT akan melakukan serangkaian tes untuk menguji coba pengoperasian kereta yang teknologinya diadopsi dari Jepang tersebut.

"Tinggal tes saja dan pengiriman (kereta) terakhir. Tapi karena ini syarat keselamatannya tinggi sekali, dibutuhkan waktu yang panjang untuk trial," kata Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement