Ahad 01 Jul 2018 18:32 WIB

PBSI Umumkan 20 Pebulu Tangkis untuk Asian Games 2018

Pemilihan nama-nama tersebut berdasarkan prestasi dan juga konsistensi.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Ekspresi pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian (kiri) dan Muhammad Rian Ardianto (kanan) usai memastikan tiket semi final Piala Thomas 2018 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (24/5).
Foto: Puspa Perwitasari/Antara
Ekspresi pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian (kiri) dan Muhammad Rian Ardianto (kanan) usai memastikan tiket semi final Piala Thomas 2018 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (24/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PB PBSI resmi mengumumkan 20 atlet yang akan berlaga di Asian Games 2018. Jumlah tersebut terdiri dari 10 pebulu tangkis putra dan 10 putri.

Para atlet tersebut akan terbagi ke dalam beberapa nomor pertandingan. Yakni beregu putra, beregu putri, serta tunggal dan campuran. PBSI mengandalkan sejumlah atlet kaliber dunia di pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Di ganda campuran yang menjadi andalan kontingen Indonesia, masih ada nama pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Peraih medali emas Olimpiade 2016 tersebut ditemani duet Ricky Karanda Suwardi dan Debby Susanto.

Kepala Bidang Pembinaan PB PBSI Susy Susanti menerangkan pemilihan nama-nama tersebut berdasarkan prestasi dan juga konsistensi. “Kami berharap para atlet ini bertanggung jawab untuk tugas yang mereka emban di Asian Games,” ujar dia, Ahad (1/7).

Selain pasangan ganda campuran itu, di sektor ganda putra, PBSI menyiapkan duet Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Pasangan ini juga sebagai wakil Indonesia di nomor perorangan dan beregu. Susy mengatakan, alasan PBSI menunjuk keduanya karena memang dua atletnya itu punya prestasi yang tak kalah mapan dari yang lain.

Menengok ranking BWF, Fajar dan Rian berada di peringkat ke-12 dunia. Kepala Pelatih Ganda Putra di PBSI Herry Imam Pierngadi menerangkan, penunjukkan Fajar dan Rian juga sebagai rencana regenerasi di sektor ganda putra Indonesia.

“Fajar dan Rian mencerminkan generasi selanjutnya dari tim ganda putra Indonesia. Idenya ini untuk persiapan Olimpiade di Tokyo 2022,” ujar Herry menambahkan.

Tentu saja PBSI juga menyertakan ganda putra nomor satu dunia Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon dalam daftar atletnya. Sedangkan di sektor ganda putri, PBSI masih mengandalkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Duet putri itu menemani peringkat 10 dunia dari Indonesia yakni Della Destria dan Rizki Amalia.

Berikut daftar 20 pebulu tangkis yang akan turun di Asian Games 2018

Beregu Putra:

1. Jonatan Christie

2. Anthony Sinisuka Ginting

3. Ihsan Maulana Mustofa

4. Kevin Sanjaya Sukamuljo

5. Marcus Fernaldi Gideon

6. Fajar Alfian

7. Muhammad Rian Ardianto

8. Mohammad Ahsan

9. Tontowi Ahmad

10.Ricky Karanda Suwardi

Beregu Putri:

1. Fitriani

2. Gregoria Mariska Tunjung

3. Ruselli Hartawan

4. Greysia Polii

5. Apriyani Rahayu

6. Della Destiara Haris

7. Rizki Amelia Pradipta

8. Ni Ketut Mahadewi Istarani

9. Liliyana Natsir

10.Debby Susanto

Perorangan Tunggal Putra:

Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting

Perorangan Tunggal Putri:

Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung

Perorangan Ganda Putra:

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Perorangan Ganda Putri:

Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris

Perorangan Ganda Campuran:

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement