Ahad 27 May 2018 21:31 WIB

Addie MS Ramu Lagu Daerah untuk Pembukaan Asian Games

Pembukaan Asian Games akan memiliki panggung termegah di dunia.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari
Pembukaan ASIAN Games 2018. Deputi II Games Administration Francis Wanandi (kedua kiri), Koreografer Dany Malik, Creative Director Opening Ceremony Asian Games Wishnutama, Music Director Addie MS, dan Koreografer Eko Supriyanto (dari kiri)  memberikan keterangan pers terkait pembukaan Asian Games 2018 di Wisma Serbaguna, Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (27/5).
Foto: Republika/ Wihdan
Pembukaan ASIAN Games 2018. Deputi II Games Administration Francis Wanandi (kedua kiri), Koreografer Dany Malik, Creative Director Opening Ceremony Asian Games Wishnutama, Music Director Addie MS, dan Koreografer Eko Supriyanto (dari kiri) memberikan keterangan pers terkait pembukaan Asian Games 2018 di Wisma Serbaguna, Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (27/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembukaan Asian Games 2018 disebut-sebut bakal menjadi yang termegah di dunia. Musisi Addie MS, akan menjadi sosok yang menggetarkan panggung pembukaan pada 18 Agustus mendatang.

Untuk itu, Addie siap untuk menyajikan lagu-lagu daerah di Indonesia agar menghibur penonton. ''Lagu daerah yang kita mix juga banyak. Sebab faktor keindonesiaan dari lagu daerah. Tidak ada alternatif lain. Kalau bisa dari semua provinsi,'' ucap Addie, dalam konferensi persnya, di Jakarta, Ahad (27/5).

Walau mempertahankan indentitas nasional, ia juga ingin menampil kesan modern. Hal itu, kata dia, dilakukan oleh Cina dan Jepang, meski menggunakan budaya lokalnya, tapi orkestranya bisa mendunia.

Addie juga ingin menghadirkan nuansa yang kekikian, agar generasi milenial menyukainya. Addie mengaku, Asian Games kali ini merupakan ajang terbesar yang pernah melibatkannya. ''Ini melibatkan banyak negara, penonton, dalam melakukan tugas menampilkan konser, pasti ada rasa sedikit grogi, itu perlu supaya kita serius,'' ucapnya.

Musik menjadi bagian integral penting dalam pembukaan. Sebuah seremoni akan hidup jika tidak ada musik. Sehebat apapun visualnya, kata Addie, tidak pernah ada seremoni apapun di dunia tanpa menghadirkan musik.

Kesan mewah acara pembukaan Asian Games bukan hanya dari sisi musik. Creative Director Asian Games, Wishnutama bahkan menjanjikan panggung pada acara pembukaan nanti akan menjadi yang terbesar di dunia. ''Panggung akan menjadi yang terbesar di dunia, bahkan dibanding Olimpiade manapun,'' ucap Wishnu.

Megahnya panggung akan terlihat dari tinggi, lebar dan beratnya, yang sudah ia riset sebelumnya. Namun, Wishnu enggan menyebutkan detailnya, agar bisa memberikan kejutan bagi penonton. Panggung yang dibuat nanti akan mencirikan Indonesia, lengkap dengan efek gambar dan calderone.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement